Fakta Dunia

8 Fakta Unik Jakarta yang Jarang Diketahui

176
×

8 Fakta Unik Jakarta yang Jarang Diketahui

Sebarkan artikel ini
Gambar Bundaran HI
Potret Bundaran HI yang ada di jakarta. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Ada dari kalian yang lahir di Jakarta? Kali ini kita akan membahas tentang Jakarta, kota yang selalu sibuk dan nggak pernah tidur.

Jakarta sebagai salah satu kota terpadat penduduk ini memang punya pesona tersendiri. Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta bukan cuma jadi pusat pemerintahan dan bisnis, tapi juga tempat beragam aktivitas keren yang nggak ada habisnya. Mulai dari tempat nongkrong, pusat belanja, hingga aneka acara budaya, semua ada di sini.

Tapi, pernah nggak sih kamu penasaran dengan sisi lain dari Jakarta yang mungkin jarang diketahui banyak orang? Nah, di balik gemerlapnya, ada sejumlah fakta unik Jakarta yang pastinya bakal bikin kamu tercengang. Dari sejarah panjangnya hingga beberapa keunikan yang bikin kota ini berbeda dari kota lainnya di Indonesia, semuanya ada di sini.

Yuk, sebelum kita mengulik sederet fakta unik Jakarta, kita intip dulu sejarah singkat tentang asal-usul nama kota ini. Pasti bakal bikin kamu lebih kenal dan sayang sama Jakarta. Siap, ya, Sobat Suka Fakta!

Sejarah Singkat Jakarta: Dari Sunda Kelapa hingga Jakarta

fakta unik jakarta
Potret Kota jakarta zaman dahulu. Sumber: skyscrapercity.com

Jadi gini, Sobat Suka Fakta, sejarah Jakarta yang kita kenal sekarang ini dulunya adalah sebuah pelabuhan kecil bernama Sunda Kelapa. Pada abad ke-5, tempat ini berada di bawah kekuasaan Kerajaan Sunda. Fast forward ke abad ke-16, bangsa Eropa, terutama Belanda, tiba dan mengubah segalanya. Mereka menjadikan Sunda Kelapa sebagai pusat perdagangan rempah-rempah yang super sibuk dan mengubah namanya menjadi Batavia.

Nama Jakarta sendiri sebenarnya punya cerita seru. Berasal dari bahasa Melayu Kuno yang artinya “kota kemenangan”. Nama ini mulai dikenal pada awal abad ke-17 setelah VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) atau perusahaan Hindia Timur Belanda mengubah nama Batavia menjadi Jayakarta. 

Namun, saat pendudukan Jepang di tahun 1942, nama Batavia kembali diubah menjadi Jakarta. Nama ini kemudian tetap dipakai setelah Indonesia meraih kemerdekaannya pada tahun 1945. Gimana, keren kan sejarahnya?

8 Fakta Unik Jakarta di Balik Gemerlapnya

1. Kota dengan Nama yang Berganti-ganti Sampai 10 Kali!

Gambar museum
Potret kota tua yang dulunya batavia. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tau nggak sih kalau Jakarta itu sudah ganti nama sebanyak 10 kali? Yap, benra banget! Sebagai kota dengan sejarah panjang, identitas Jakarta terus berubah seiring waktu. Awalnya, kota ini dikenal sebagai Sunda Kelapa, kemudian berubah menjadi Jayakarta, Batavia, dan akhirnya jadi DKI Jakarta seperti yang kita kenal sekarang. Bahkan, rencananya Jakarta akan berganti nama lagi jadi Daerah Khusus Jakarta atau DKJ.

Sebelum tahun 1527, Jakarta bernama Sunda Kelapa, lalu menjadi Jayakarta dari tahun 1527 sampai 1619.

Lalu menjadi Batavia/Batauia, atau Jaccatra dari 1619 -1942 dan Djakarta pada 1942-1972. 

Setiap perubahan nama ini mencerminkan peristiwa sejarah yang mempengaruhi perkembangan kota ini. Bayangin deh, betapa dinamisnya Jakarta, sampai namanya saja berubah-ubah. Dari zaman penjajahan Belanda hingga kemerdekaan Indonesia, nama-nama ini menyimpan banyak cerita menarik yang bikin Jakarta makin unik dan bersejarah.

2. Stadion Gelora Bung Karno sebagai Ikon Kebanggaan Jakarta

gambar stadion GBK
Potret stadion GBK yang ada di Jakarta. Sumber IST

Kamu suka nonton konser atau pertandingan olahraga, Sobat Suka Fakta? Kalau iya, pasti sudah nggak asing lagi dengan Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Tau nggak sih, stadion ini merupakan salah satu stadion terbesar di dunia lho, dengan kapasitas mencapai 78.000 penonton! Nggak heran kalau GBK jadi saksi bisu berbagai acara besar di Indonesia, mulai dari pertandingan sepak bola hingga konser musik internasional.

GBK bukan cuma sekadar stadion biasa. Tempat ini punya nilai historis dan emosional bagi warga Jakarta dan Indonesia. Dibangun pada era Presiden Soekarno, stadion ini dirancang untuk menjadi simbol kebanggaan nasional. Jadi, setiap kali kamu melangkah ke GBK, bayangin deh betapa banyak sejarah dan cerita yang sudah terjadi di sana.

3. Jakarta adalah Kota yang Paling Aktif di X (Twitter)

Gambar Hp
Ilustrasi Twitter yang ada di hp. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kamu aktif di aplikasi X (dulu Twitter) nggak? Kalo iya, kamu pasti tau kalo Jakarta adalah salah satu kota paling aktif di platform media sosial ini. Menurut Semiocast, sebuah lembaga riset asal Paris, sekitar 27 persen tweet berasal dari Jakarta. Keren banget kan? Jakarta sering jadi pusat pembicaraan tentang berbagai topik, mulai dari politik, hiburan, hingga hal-hal viral lainnya.

Aktivitas tinggi di Twitter ini mencerminkan betapa terlibatnya masyarakat Jakarta dalam berbagai isu dan peristiwa yang sedang terjadi. Selain itu, keaktifan Jakarta di Twitter juga jadi indikator penting bagi para pelaku bisnis dan pemangku kepentingan lainnya untuk memahami tren dan persepsi publik. Jadi, jangan heran kalau banyak hal viral yang sering muncul dari Jakarta!

4. Stasiun Kereta Api Gambir, Pusat Transportasi Terbesar di Asia Tenggara

Gambar Stasiun gambir
Potret Pintu masuk Stasiun gambir. Sumber: Dok. detikcom

Pernah naik kereta dari Stasiun Gambir, Sobat Suka Fakta? Kalo pernah, kamu pasti tau betapa sibuknya stasiun ini. Ternyata, Stasiun Gambir adalah stasiun kereta api terbesar di Asia Tenggara lho! Stasiun ini bukan cuma memudahkan mobilitas penduduk Jakarta, tapi juga jadi titik penting dalam sistem transportasi regional.

Gambir nggak cuma sekadar stasiun biasa. Dengan arsitektur yang megah dan fasilitas yang lengkap, stasiun ini juga jadi landmark penting di Jakarta. Jadi, setiap kali kamu berada di Gambir, bayangin saja betapa banyak orang dari berbagai tempat yang berkumpul dan berangkat dari sini. Stasiun ini benar-benar jadi jantung transportasi yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota lain di Indonesia.

5. Punya Koleksi Museum Terbanyak sebagai Harta Karun Budaya Jakarta

Gambar museum
Potret salah satu museum yang ada di jakarta. Sumber: Dok. Atourin

Halo Sobat Suka Fakta, kalian tau nggak kalau Jakarta punya koleksi museum terbanyak di Indonesia? Yap, betul banget! Jakarta adalah surga bagi pecinta sejarah dan seni. Dari museum sejarah hingga museum seni modern, kota ini menawarkan beragam pilihan yang bisa memenuhi rasa penasaran kamu tentang budaya dan sejarah.

Mulai dari Museum Nasional yang penuh dengan artefak bersejarah, hingga Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) yang memamerkan karya seni modern dan kontemporer, semuanya ada di Jakarta. Setiap museum memiliki cerita unik yang bisa kamu pelajari dan nikmati. Jadi, kalau kamu lagi bingung mau ke mana saat weekend, museum di Jakarta bisa jadi pilihan menarik untuk dikunjungi.

6. Pekan Raya Jakarta: Festival Terbesar di Asia Tenggara

 pekan raya jakarta
Potret festival pekan raya jakarta. Sumber: Instagram /@jakartafairid

Siapa sih yang nggak kenal Pekan Raya Jakarta (PRJ)? Sobat Suka Fakta, festival ini adalah salah satu acara paling dinanti setiap tahunnya yang digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun kota Jakarta pada 22 Juni. 

PRJ bukan cuma festival biasa, tapi juga festival terbesar di Asia Tenggara! Di sini, kamu bisa menemukan berbagai atraksi budaya, kuliner lezat, hingga produk-produk lokal yang unik.

PRJ selalu ramai dengan pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Selain menjadi ajang hiburan, festival ini juga jadi wadah untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Jakarta. Jadi, kalau kamu ingin merasakan kemeriahan dan keragaman budaya Jakarta, PRJ adalah tempat yang wajib kamu kunjungi. Seru banget, kan?

7. Jakarta adalah Kota dengan Status Provinsi

Fakta unik Jakarta
Potret salah satu ikon Jakarta. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tau nggak sih kalau Jakarta adalah satu-satunya kota di Indonesia yang punya status provinsi? Hal ini membuat Jakarta memiliki kewenangan yang lebih besar dalam mengatur urusan pemerintahannya sendiri. Dari pembangunan hingga administrasi, semuanya diatur langsung oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Status ini memberikan Jakarta keunikan tersendiri dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia. Dengan kewenangan yang lebih besar, Jakarta bisa lebih fleksibel dalam mengembangkan kota dan memenuhi kebutuhan warganya. Jadi, nggak heran kalau Jakarta selalu jadi pusat perhatian dalam berbagai hal, mulai dari pembangunan hingga kebijakan publik.

8. Salah Satu Ibu Kota dengan Penduduk Terpadat di Dunia

Gambar Kota jakarta
Potret kepadatan kota jakarta. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta, tau nggak sih kalau Jakarta adalah salah satu kota terpadat di dunia? Dengan populasi lebih dari 10 juta jiwa, Jakarta jadi pusat kegiatan ekonomi, politik, dan budaya yang sangat dinamis. Tingginya tingkat urbanisasi dan pertumbuhan penduduk yang pesat membuat Jakarta selalu sibuk dan penuh aktivitas.

Kepadatan penduduk ini tentunya membawa tantangan tersendiri, mulai dari kemacetan hingga masalah lingkungan. Namun, di balik tantangan tersebut, Jakarta tetap mampu mempertahankan pesonanya sebagai kota metropolitan yang modern dan penuh dengan peluang. Setiap sudut Jakarta selalu menawarkan sesuatu yang menarik untuk dijelajahi.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Thailand: Terdapat 18 Jenis Kelamin

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itu tadi beberapa fakta unik tentang Jakarta yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Dari sejarah panjangnya yang kaya, hingga berbagai keunikan yang bikin Jakarta beda dari kota lainnya, semua menunjukkan betapa istimewanya ibu kota kita ini.

Jakarta bukan cuma pusat pemerintahan dan bisnis, tapi juga kota yang penuh dengan sejarah, budaya, dan kehidupan yang dinamis. Jadi, kapan pun kamu punya kesempatan, jangan ragu untuk menjelajahi Jakarta lebih dalam. Siapa tahu, kamu bakal menemukan lebih banyak lagi kejutan dan keunikan yang bikin kamu makin cinta sama kota ini.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, Sobat Suka Fakta! Terus ikuti dan eksplorasi fakta-fakta menarik lainnya ya!

REFERENSI:

  • The Asian Parent. 10 Fakta Unik Kota Jakarta, Ternyata Belasan Kali Ganti Nama. Diakses dari https://id.theasianparent.com/fakta-unik-kota-jakarta
  • Tokopedia (2024). 7Fakta Unik Tentang Jakarta. Diakses dari https://www.tokopedia.com/blog/fakta-tentang-jakarta-edu/?utm_source=google&utm_medium=organic
  • AXA. 5 Fakta Kota Jakarta yang Jarang Diketahui. Diakses dari https://axa.co.id/-/5-fakta-unik-kota-jakarta-yang-jarang-diketahui
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *