Fakta Dunia

Mengenal Kota Tijuana, Kota Paling Berbahaya ke-2 di Dunia

67
×

Mengenal Kota Tijuana, Kota Paling Berbahaya ke-2 di Dunia

Sebarkan artikel ini
Kota Tijuana
Mengenal Kota Tijuana, Kota Paling Berbahaya ke-2 di Dunia: Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Pasti kalian pernah dengar nama kota Tijuana, kan? Kota yang terletak di Baja California, Meksiko ini berbatasan langsung sama Amerika Serikat. Tapi yang bikin Tijuana terkenal banget bukan cuma lokasinya yang strategis, tapi juga karena predikatnya sebagai kota paling berbahaya kedua di dunia.

Banyak orang penasaran sama Tijuana karena berbagai alasan. Ada yang tertarik sama kehidupan malamnya yang seru banget, dan ada juga yang pengen tahu sejarah dan budayanya. Tapi, nggak sedikit juga yang pengen tahu kenapa kota ini sering disebut sebagai salah satu kota paling kejam di dunia. 

Bayangin aja, Tijuana itu kota yang hidup 24/7. Di satu sisi, kota ini penuh dengan hiburan, musik, dan kuliner yang menggoda. Di sisi lain, ada cerita kelam tentang kejahatan dan kekerasan yang nggak bisa diabaikan. Itulah Tijuana, kota dengan dua wajah yang sama-sama menarik untuk kita ketahui. 

So. udah siap buat petualangan informasi ini? Yuk, langsung aja kita mulai perjalanan kita mengenal kota Tijuana lebih dekat!

Sejarah Kota Tijuana

 Kota Tijuana
Potret Santiago Argüello Moraga. Sumber: Dok.flickr.com

Sobat Suka Fakta, mari kita mulai perjalanan dengan mengulik sejarah kota Tijuana. Tijuana punya cerita panjang yang dimulai dari kedatangan penjajah Spanyol di abad ke-16. 

Awalnya, kota ini dikenal sebagai Rancho Tía Juana, didirikan oleh Santiago Argüello Moraga pada tahun 1829. Nama “Tijuana” sendiri punya banyak versi, ada yang bilang berasal dari kata “Tiwan” dalam bahasa Kumeyaay yang berarti “di tepi laut”.

Seiring waktu, Tijuana berkembang dan mulai dikenal sebagai kota pada 11 Juli 1889. Sejak saat itu, kota ini terus berkembang dan menarik banyak pengunjung, terutama dari Amerika Serikat. Pada awal abad ke-20, Tijuana sudah menjadi tujuan wisata yang populer dengan banyak hiburan dan fasilitas mewah.

Lokasi dan Geografi Kota Tijuana

Sungai Tijuana
Potret Sungai Tijuana. Sumber: Dok. google.co.id

Sekarang, mari kita lihat lokasi dan geografi kota Tijuana. Sobat Suka Fakta, Tijuana itu terletak di barat laut Meksiko, tepat di perbatasan dengan Amerika Serikat. Kota ini sangat strategis karena berbatasan langsung dengan San Diego, California. Nggak heran kalau Tijuana sering disebut sebagai gerbang Meksiko ke Amerika.

Tijuana juga punya topografi yang unik, dengan banyak bukit, ngarai, dan lembah. Salah satu fitur geografis utamanya adalah Sungai Tijuana, yang mengalir dari perbukitan di sekitar kota menuju Samudra Pasifik. Medan yang berbukit-bukit ini membuat Tijuana terlihat sangat indah, tapi juga menantang, terutama saat musim hujan karena sering terjadi tanah longsor.

Populasi dan Demografi Kota Tijuana

 kepadatan kota Tijuana
Potret kepadatan kota Tijuana. Sumber: IST

Sekarang kita masuk ke bagian populasi dan demografi. Tijuana itu kota yang sangat beragam, Sobat Suka Fakta. Menurut sensus terbaru, populasi kota ini sekitar 1,8 juta jiwa, menjadikannya kota terbesar di Baja California dan kota terpadat kedua di Meksiko. Kalau digabung sama wilayah metropolitannya, populasi Tijuana bisa mencapai lebih dari 2 juta jiwa.

Menariknya lagi, Tijuana punya populasi yang sangat kosmopolitan. Di sini, kamu bisa menemukan banyak imigran dari berbagai daerah di Meksiko, serta dari negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Tiongkok, dan berbagai negara Amerika Latin. Keberagaman ini bikin Tijuana jadi kota yang kaya akan budaya dan tradisi.

Fakta Menarik Kota Tijuana

1. Tijuana Adalah Pusat Manufaktur di Amerika Utara 

Tijuana
Potret industri maquiladora. Sumber: Dok. madeinmexicoinc.com

Sobat Suka Fakta, kota ini bukan cuma terkenal karena lokasinya yang strategis, tapi juga karena ekonominya yang kuat. Tijuana adalah pusat manufaktur yang sangat penting di Amerika Utara. Banyak perusahaan multinasional membuka pabrik di sini, terutama dalam industri elektronik, otomotif, dan medis.

Tijuana terkenal dengan industri maquiladora-nya. Maquiladora adalah pabrik perakitan yang memproduksi barang untuk diekspor, dan kebanyakan dari pabrik ini dimiliki oleh perusahaan asing. Sistem ini membantu menciptakan banyak lapangan kerja bagi penduduk lokal dan menjadi tulang punggung ekonomi kota.

Selain itu, Tijuana juga semakin dikenal sebagai pusat manufaktur peralatan medis di Amerika Utara. Perusahaan seperti Medtronic dan Philips memiliki pabrik di sini, menjadikan Tijuana salah satu kota dengan produksi peralatan medis terbesar di dunia. 

Jadi, meskipun kota ini terkenal dengan predikat berbahaya, sektor ekonominya tetap menunjukkan perkembangan yang signifikan.

2. Kehidupan Malam di Kota Tijuana

Avenida Revolución
Potret Avenida Revolución. Sumber: Dok. elsoldetijuana.com

Sobat Suka Fakta, kota ini nggak pernah tidur, lho. Kehidupan malamnya sangat hidup dengan banyak bar, klub malam, dan tempat hiburan yang bisa kamu kunjungi. 

Salah satu tempat yang paling terkenal adalah Avenida Revolución, yang penuh dengan restoran, bar, dan toko-toko suvenir. Di sini, kamu bisa merasakan vibe yang unik dan seru banget.

Selain itu, Tijuana juga dikenal sebagai tujuan utama untuk perawatan medis. Banyak orang dari Amerika Serikat datang ke sini untuk mendapatkan perawatan medis yang lebih terjangkau, mulai dari operasi kosmetik hingga perawatan gigi. Ini juga memberikan kontribusi besar bagi perekonomian kota.

Tapi, nggak cuma hiburan malam dan medisnya aja yang menarik di Tijuana. Kota ini juga punya banyak tempat wisata budaya dan sejarah. Pusat Kebudayaan Tijuana (CECUT) adalah salah satu destinasi utama, dengan berbagai pameran seni, sejarah, dan ilmu pengetahuan yang bisa kamu nikmati.

3. Rumah Bagi Banyak Seniman dan Musisi 

Tijuana
Potret Pusat Kebudayaan Tijuana (CECUT). Sumber: Dok. hellotravel.com

Sobat Suka Fakta, Tijuana itu kota yang sangat kaya akan budaya. Kota ini adalah rumah bagi banyak seniman dan musisi. Sepanjang tahun, ada banyak festival musik, pameran seni, dan acara budaya yang diadakan di sini.

Pusat Kebudayaan Tijuana (CECUT) adalah jantung dari kegiatan budaya di kota ini. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai pameran seni, teater, dan pertunjukan musik. CECUT juga dikenal dengan kubah IMAX-nya yang terkenal dan menjadi ikon kota Tijuana.

Selain itu, Tijuana juga punya dunia seni jalanan yang sangat hidup. Banyak mural dan graffiti menghiasi dinding-dinding kota, memberikan warna dan kehidupan pada setiap sudut kota. Seniman lokal seringkali menggunakan media ini untuk mengekspresikan pandangan mereka tentang berbagai isu sosial dan politik.

Musik juga menjadi bagian penting dari kehidupan di Tijuana. Dari mariachi hingga musik elektronik, kota ini punya semuanya. Setiap sudut kota dipenuhi dengan musik yang mencerminkan keragaman budaya yang ada di Tijuana. Jangan lupa juga, Tijuana adalah tempat lahirnya Caesar Salad yang terkenal di seluruh dunia.

4. Destinasi Andalan bagi Para Pecinta Olahraga dan Hiburan

 Xolos. 
Potret Klub Bola Xolos. Sumber: Dok. xolos.com

Sobat Suka Fakta, buat kamu yang suka olahraga, Tijuana punya banyak banget yang bisa ditawarkan. Salah satu kebanggaan kota ini adalah tim sepak bola Club Tijuana, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Xolos. 

Tim ini bermain di Liga MX, liga sepak bola tertinggi di Meksiko, dan mereka sering bermain di Estadio Caliente, stadion besar yang bisa menampung ribuan penonton. Nonton pertandingan Xolos di Estadio Caliente pasti jadi pengalaman yang seru dan mendebarkan.

Selain sepak bola, Tijuana juga punya sejarah panjang dalam olahraga tinju. Banyak petinju profesional terkenal berasal dari kota ini, seperti Antonio Margarito dan Erik Morales. Jadi, nggak heran kalau banyak pertandingan tinju besar yang diadakan di sini. 

Untuk hiburan, Tijuana juga nggak kalah seru. Ada banyak tempat untuk nonton konser, teater, dan pertunjukan seni lainnya. Salah satu tempat yang terkenal adalah Audiorama di Museo El Trompo, yang sering jadi tempat konser musik dan acara hiburan lainnya. 

5. Tingkat Kejahatan di Kota Tijuana

narkoba.
Ilustrasi narkoba. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, apakah kalian pernah bertanya-tanya tentang mengapa Tijuana begitu berbahaya? Tingkat kejahatan di kota ini memang cukup tinggi, terutama kejahatan dengan kekerasan. Banyak kejahatan ini terkait dengan kartel narkoba dan kejahatan terorganisir.

Selama beberapa tahun terakhir, Tijuana sering masuk dalam peringkat kota dengan tingkat pembunuhan tertinggi di dunia. Bahkan, pada 2023, Tijuana memiliki tingkat pembunuhan tertinggi kedua di dunia menurut Statista. Kejahatan ini tidak hanya berdampak pada penduduk lokal, tapi juga pada wisatawan yang datang ke kota ini.

Pemerintah setempat dan nasional terus berusaha untuk mengurangi tingkat kejahatan di Tijuana. Ada banyak upaya yang dilakukan, mulai dari peningkatan patroli polisi hingga operasi besar-besaran untuk menangkap anggota kartel narkoba. 

Tapi meskipun tantangan keamanannya besar, banyak orang di Tijuana tetap optimis dan berharap kota ini bisa menjadi tempat yang lebih aman di masa depan.

6. Transportasi dan Infrastruktur Kota Tijuana

Transportasi
Potret General Abelardo L. Rodríguez International Airport. Sumber: Dok .airports-worldwide.com

Sekarang, mari kita lihat transportasi dan infrastruktur di Tijuana. Sobat Suka Fakta, Tijuana itu kota yang sangat terhubung dengan baik, terutama karena letaknya yang strategis di perbatasan Meksiko-Amerika Serikat. 

Bandara Internasional Tijuana (General Abelardo L. Rodríguez International Airport) adalah salah satu bandara tersibuk di Meksiko. Bandara ini melayani banyak penerbangan domestik dan internasional, dan juga terhubung langsung dengan San Diego melalui Cross Border Xpress, jembatan pejalan kaki yang memudahkan penyeberangan perbatasan.

Untuk transportasi dalam kota, Tijuana punya jaringan transportasi umum yang cukup luas, meskipun mungkin terasa agak rumit bagi pendatang baru. Ada banyak bus dan taksi yang bisa membawa kamu keliling kota. Sistem angkutan cepat bus (BRT) juga ada di sini, dengan satu rute utama yang menghubungkan pusat kota Tijuana dengan beberapa area lainnya.

Selain itu, Tijuana juga punya jalan raya utama yang menghubungkan kota ini dengan berbagai kota lain di Baja California. Misalnya, Federal Highway 1 dan Federal Highway 2 yang masing-masing menghubungkan Tijuana ke selatan dan timur. Jalan-jalan ini penting banget buat perdagangan dan perjalanan sehari-hari.

Di bidang infrastruktur, Tijuana juga terus berkembang. Banyak proyek pembangunan baru yang sedang berjalan, termasuk perumahan, pusat perbelanjaan, dan fasilitas publik lainnya. Hal ini membantu meningkatkan kualitas hidup penduduk dan menarik lebih banyak investor untuk datang ke kota ini.

7. Kota dengan Pertumbuhan Populasi Cepat

Tijuana adalah salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat di Meksiko. Setiap tahunnya, sekitar 80.000 orang pindah ke sini mencari peluang yang lebih baik. Ini menjadikan Tijuana sebagai kota yang dinamis dan terus berkembang.

8. Arena Adu Banteng di Tepi Pantai

Tijuana memiliki satu-satunya arena adu banteng di tepi pantai di dunia, yaitu Plaza Monumental de Tijuana. Arena ini bisa menampung hingga 22.000 penonton dan menawarkan pemandangan yang unik dengan latar belakang Samudra Pasifik.

9. INFONAVIT Pertama di Meksiko

INFONAVIT, lembaga yang memberikan kredit kepada pekerja untuk membeli rumah, pertama kali dibangun di Tijuana. Ini menunjukkan pentingnya kota ini dalam sejarah pembangunan perumahan di Meksiko.

10. Zona Río

Zona Río adalah distrik keuangan terpenting ke-4 di Meksiko. Di sini, kamu bisa menemukan banyak gedung pencakar langit, pusat perbelanjaan, dan restoran mewah. Tempat ini juga menjadi pusat bisnis dan ekonomi di Tijuana.

11. Industri Film

Tijuana juga menjadi pusat produksi film di Meksiko. Banyak film dan acara TV yang dibuat di sini, menjadikan kota ini salah satu lokasi favorit para pembuat film.

12. Kerajinan Bir

Tijuana punya industri kerajinan bir yang berkembang pesat. Banyak pabrik bir mikro yang menawarkan berbagai pilihan bir buatan lokal. Jadi, buat kamu pecinta bir, Tijuana adalah surga!

13. Penyebutan Nama Kota

Di California, Tijuana sering disebut dengan singkatan “TJ”. Nama ini sudah sangat familiar di kalangan penduduk lokal dan turis yang sering berkunjung ke sini.

14. Pertemuan Budaya

Karena letaknya yang berbatasan langsung dengan Amerika Serikat, Tijuana adalah tempat pertemuan budaya Meksiko dan Amerika. Ini tercermin dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari makanan, musik, hingga gaya hidup penduduknya.

15. Musik Norteño

Tijuana punya pengaruh besar dalam genre musik Norteño. Musik ini dikenal dengan suara akordeon dan bajo sexto yang khas, dan sangat populer di seluruh wilayah Baja California.

16. Destinasi Surfing

Karena letaknya yang dekat dengan Samudra Pasifik, Tijuana menawarkan beberapa spot surfing yang sangat baik. Banyak peselancar dari berbagai tingkat keahlian datang ke sini untuk menikmati ombaknya.

17. Jajanan Kaki Lima

Tijuana terkenal dengan jajanan kaki lima yang lezat. Dari taco, tamale, ceviche, hingga churro, kamu bisa menemukan berbagai macam makanan yang menggugah selera di setiap sudut kota.

Dengan semua fakta menarik ini, nggak heran kalau Tijuana tetap menjadi salah satu kota yang menarik untuk dikunjungi dan dijelajahi.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, kita telah menelusuri perjalanan panjang mengenal kota Tijuana, kota yang penuh dengan kontradiksi dan keunikan. Dari sejarahnya yang kaya dan lokasinya yang strategis di perbatasan Meksiko-Amerika Serikat, Tijuana memainkan peran penting dalam ekonomi internasional melalui industri manufakturnya yang kuat. 

Kehidupan malam yang semarak dan pariwisata medis juga menjadi daya tarik utama Tijuana. Meskipun dikenal sebagai kota paling berbahaya kedua di dunia, Tijuana tetap menarik banyak pengunjung yang datang untuk menikmati hiburan, kuliner, dan layanan medis berkualitas tinggi. 

Meski memiliki sisi gelap, Tijuana tetap menawarkan banyak hal menarik untuk dijelajahi. Dari sejarah dan budayanya hingga tantangan dan potensinya, Tijuana adalah kota yang penuh dengan cerita dan kesempatan. Semoga artikel ini memberikan gambaran lengkap dan menarik tentang kota Tijuana. Terima kasih sudah membaca, dan sampai jumpa di artikel menarik berikutnya!

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *