Fakta Dunia

18 Fakta Unik Rio de Janeiro: Pelabuhan Budak Terbesar di Dunia

67
×

18 Fakta Unik Rio de Janeiro: Pelabuhan Budak Terbesar di Dunia

Sebarkan artikel ini
rio de janeiro
7 Fakta Rio de Janeiro, Pernah Jadi Ibu Kota Brasil Selama 2 Abad. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Kali ini kita bakal jalan-jalan ke kota yang pastinya bikin kamu penasaran, yaitu Rio de Janeiro. Siapa sih yang nggak tahu Rio? Kota ini sering banget muncul di film-film dengan pantai yang keren abis, musik samba yang bikin pengen goyang, dan pastinya, patung Kristus Penebus yang super ikonik. Tapi, kamu tahu nggak sih kalau Rio de Janeiro punya segudang fakta menarik yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya?

Rio de Janeiro, atau sering disebut Rio saja, adalah kota yang paling terkenal di Brasil dan dijuluki sebagai kota paling berdosa di dunia. Bukan cuma karena pemandangannya yang memukau, tapi juga karena sejarahnya yang panjang dan seru banget. 

Bayangin deh, kota ini pernah jadi ibu kota Brasil selama lebih dari dua abad! Nggak cuma itu, Rio juga jadi pusat karnaval terbesar di dunia yang pastinya bakal bikin kamu pengen ikutan nari.

Di artikel ini, kita bakal ngebahas 18 fakta unik tentang Rio de Janeiro yang bakal bikin kamu makin cinta sama kota ini. Mulai dari sejarah penamaannya yang unik, sampai fakta-fakta seru tentang budaya, landmark terkenal, dan banyak lagi. 

Jadi, buat Sobat Suka Fakta yang lagi nyari info seru atau mungkin berencana jalan-jalan ke Rio suatu hari nanti, yuk simak terus artikel ini. Siapa tahu, setelah baca ini, kamu jadi makin pengen terbang ke Rio!

Udah siap buat mengeksplor lebih dalam tentang Rio de Janeiro? Yuk, langsung kita mulai perjalanan seru ini!

1. Asal Usul Nama Rio de Janeiro

Rio de Janeiro
Potret Kota Rio de Janeiro. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, apakah kamu tahu apa arti kata Rio de Janeiro? Nama kota ini berarti “Sungai Januari” yang diambil dari sebuah cerita penjelajah Portugis yang pertama kali tiba di Rio de Janeiro pada Januari 1502. 

Lalu mereka melihat Teluk Guanabara dan mengira itu adalah muara sungai besar. Maka dari itu mereka menamai kota ini “Rio de Janeiro”. Padahal, itu sama sekali bukan sungai, melainkan teluk besar yang dikelilingi oleh pulau-pulau cantik. Gimana, lucu kan?

2. Rio de Janeiro: Ibu Kota Kekaisaran

rio de janeiro
Potret Kota Rio de janeiro. Sumber: IST

Nah, selain namanya yang unik, Rio de Janeiro juga punya sejarah yang nggak kalah keren. Rio pernah jadi ibu kota Brasil selama lebih dari dua abad, mulai dari 1763 hingga 1960. Bahkan, ketika Napoleon menyerbu Portugal, keluarga kerajaan Portugal pindah ke Rio pada tahun 1808, menjadikan Rio satu-satunya ibu kota Eropa di luar Eropa. Bayangin deh, gimana hebohnya kota ini waktu itu!

3. Teluk Guanabara dan Pulau-Pulaunya

 Teluk Guanabara.
Potret Teluk Guanabara. Sumber: IST

Ngomong-ngomong soal Teluk Guanabara, ternyata teluk ini nggak cuma cantik tapi juga kaya secara ekologi. Teluk Guanabara memiliki lebih dari seratus pulau! Setiap pulau punya cerita dan keunikan tersendiri. Ada yang jadi tempat perlindungan burung dan penyu laut, ada juga yang berpenghuni dengan komunitasnya sendiri. Jadi, nggak heran kalau Teluk Guanabara jadi salah satu daya tarik utama di Rio.

4. Floresta da Tijuca: Hutan Kota Terbesar di Dunia  

rio de janeiro
Potret Taman Nasional Tijuca. Sumber: Dok. tripadvisor.co.id

Kalau kamu suka alam, Rio de Janeiro punya Floresta da Tijuca atau disebut Taman Nasional Tijuca, hutan kota terbesar di dunia! Hutan ini dulunya rusak karena perkebunan kopi, tapi pada tahun 1800-an, hutan ini ditanami kembali untuk melindungi pasokan air di Rio. Sekarang, Floresta da Tijuca jadi rumah bagi ratusan spesies flora dan fauna. 

Dengan keindahannya yang begitu menakjubkan, apakah Taman Nasional Tijuca layak dikunjungi? Sobat, taman ini adalah Situs Warisan Dunia UNESCO yang dikunjungi 3 pengunjung setiap tahunnya. Sudah pasti layak untuk didatangi ketika kamu sedang berlibur ke Rio de Janeiro!

5. Kota dengan Langit Terbiru di Dunia

Rio de Janeiro
Potret Kota Rio de Janeiro. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pernah denger nggak kalau langit di Rio dianggap sebagai yang terbiru di dunia? Pada tahun 2006, ada survei yang menobatkan langit Rio sebagai yang paling biru di seluruh dunia. Jadi, kalau kamu lagi jalan-jalan di Rio dan lihat ke langit, siap-siap terpesona deh!

6. Patung Kristus Sang Penebus: Perlindungan Ilahi atas Rio

Cristo Redentor
Patung Kristus Sang Penebus. Sumber: IST

Kita nggak bisa ngomongin Rio de Janeiro tanpa nyebut Patung Kristus Sang Penebus. Patung ini dibangun di atas Gunung Corcovado dan diresmikan pada tahun 1931. 

Lalu, apa fungsi dari patung Kristus Penebus? Dengan tinggi 30 meter dan lengan terentang sepanjang 28 meter, patung ini jadi simbol perlindungan ilahi atas Rio. Patung ini juga terpilih sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia baru pada tahun 2007. Jadi, jangan lupa kunjungi kalau ke Rio, ya!

7. Gunung Sugarloaf: Pulau yang Terpisah dari Daratan Utama

 Gunung Sugarloaf.
Potret Gunung Sugarloaf. Sumber: IST

Ikon Rio lainnya adalah Gunung Sugarloaf. Gunung ini sebenarnya adalah sebuah pulau yang dulu terpisah dari daratan utama. Ada kereta gantung yang bisa kamu naikin buat sampai ke puncak dan menikmati pemandangan Rio yang luar biasa. Kereta gantung ini juga jadi objek wisata tertua di kota ini. Jadi, siap-siap buat pengalaman yang nggak terlupakan!

8. Samba dan Bossa Nova

Samba dan Bossa Nova
Potret Festival Samba dan Bossa Nova. Sumber: Dok. afropop.org/koridor.co.id

Sobat Suka Fakta, ngomongin Rio de Janeiro nggak lengkap kalau nggak bahas musiknya yang asyik banget. Tahukah kamu kalau Samba dan Bossa Nova, dua genre musik yang terkenal di seluruh dunia, lahir di Rio? Samba muncul di kawasan “Afrika Kecil” di Rio pada awal abad ke-20, dipengaruhi oleh irama Afrika. Salah satu lagu Samba pertama yang terkenal adalah “Pelo Telefone” yang dirilis tahun 1916. 

Sementara itu, Bossa Nova lahir pada akhir 1950-an di wilayah selatan Rio, khususnya di kawasan Copacabana. Musik ini memadukan irama samba dengan jazz Amerika. Jadi, setiap kali kamu mendengar alunan Samba atau Bossa Nova, ingatlah bahwa itu semua berasal dari kota Rio yang penuh warna ini.

9. Sekolah Samba dan Karnaval

 Karnaval Samba school.
Potret Karnaval Samba school. Sumber: Dok. haber.aero

Selain musik, Rio juga terkenal dengan karnavalnya yang spektakuler. Karnaval Rio adalah pesta terbesar di dunia, bahkan diakui oleh Guinness World Records! Salah satu kunci kesuksesan karnaval ini adalah sekolah-sekolah samba yang tersebar di seluruh Rio, banyak di antaranya berada di favela. 

Sekolah-sekolah ini bukan hanya mengajarkan tarian dan musik samba, tapi juga menjadi pusat komunitas yang penting. Setiap tahun, mereka bersaing di Sambadrome dengan parade yang penuh warna dan energi, menampilkan kostum-kostum yang memukau dan tarian yang luar biasa. Jadi, kalau kamu berkesempatan, jangan lewatkan karnaval di Rio de Janeiro!

10. Stadion Maracanã

Stadion Maracanã
Potret Stadion Maracanã. Sumber: Dok. Monitorday.com

Bagi kamu yang suka sepak bola, pasti sudah tahu dong apa stadion sepak bola yang terkenal di Rio? Yap betul! Stadion Maracanã. Stadion ini adalah salah satu yang terbesar dan paling ikonik di dunia. Pada tahun 1950, Maracanã menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola dengan jumlah penonton terbesar yang pernah tercatat, yaitu sekitar 199.854 orang saat Brasil melawan Uruguay di final Piala Dunia. 

Meskipun pertandingan itu berakhir dengan kekalahan mengejutkan bagi Brasil, yang dikenal sebagai “Maracanazo”, Maracanã tetap menjadi simbol penting dalam dunia sepak bola Brasil. Selain sepak bola, stadion ini juga digunakan untuk konser dan acara besar lainnya. Jadi, kalau kamu berkunjung ke Rio, pastikan mampir ke Maracanã!

11. Tempat Kelahiran 3 Olahraga Pantai

Copacabana
Potret permainan Frescobol di pantai Copacabana. Sumber: IST

Rio de Janeiro bukan cuma terkenal dengan sepak bolanya, tapi juga sebagai tempat kelahiran tiga olahraga pantai yang seru banget, frescobol, footvolley, dan altinha. Frescobol, atau tenis pantai, lahir di pantai Copacabana pada tahun 1950-an. 

Kemudian, footvolley, kombinasi sepak bola dan voli, diciptakan ketika para pemain altinha, sebuah permainan di mana bola tidak boleh jatuh ke tanah, dipindahkan ke lapangan voli karena peraturan kota. 

Altinha sendiri adalah permainan yang melibatkan juggling bola di pantai. Ketiga olahraga ini mencerminkan gaya hidup aktif dan cinta terhadap pantai yang dimiliki oleh penduduk Rio. Jadi, kalau kamu suka berolahraga, pantai-pantai Rio adalah tempat yang sempurna untuk mencoba hal-hal baru!

12. Menjadi Pelabuhan Budak Terbesar di Dunia

Dermaga Valongo
Potret Dermaga Valongo. Sumber: Dok. AFP

Sobat Suka Fakta, meskipun Rio de Janeiro dikenal dengan keindahan dan budayanya, kota ini juga memiliki sejarah yang kelam. Cais do Valongo, atau Dermaga Valongo, adalah pelabuhan budak terbesar dalam sejarah. Dibangun pada tahun 1811, dermaga ini menjadi tempat pendaratan ratusan ribu budak Afrika yang dipaksa bekerja di Brasil. 

Selama dua puluh tahun beroperasi, antara 500.000 hingga satu juta budak tiba di Rio melalui dermaga ini. Sekarang, situs ini diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, menjadi pengingat akan masa lalu yang tragis dan pentingnya perjuangan untuk kebebasan dan hak asasi manusia.

13. Perpustakaan Nasional Brasil

Perpustakaan Nasional Brasil
Potret Perpustakaan Nasional Brasil. Sumber: IST

Rio juga memiliki salah satu perpustakaan terbesar di dunia, yaitu Perpustakaan Nasional Brasil. Didirikan pada tahun 1810 oleh Raja Dom João VI, perpustakaan ini awalnya membawa koleksi sekitar 60.000 item dari Portugal. 

Sekarang, Perpustakaan Nasional memiliki lebih dari 15 juta item dan dianggap sebagai salah satu perpustakaan nasional terbesar di dunia.

 Perpustakaan ini tidak hanya menyimpan buku dan dokumen bersejarah, tetapi juga menjadi pusat penelitian penting di Amerika Latin. Jadi, kalau kamu seorang kutu buku atau peneliti, Perpustakaan Nasional Brasil adalah surga yang wajib kamu kunjungi.

14. Raja Momo dan Tradisi Karnaval

Tradisi Karnaval
Potret Tradisi Karnaval Brasil. Sumber: Dok. Xinhua/Zhou Yongsui

Setiap tahun saat karnaval, Rio de Janeiro dikuasai oleh Raja Momo, tokoh mitos yang melambangkan pesta dan kebebasan. Tradisi ini dimulai pada tahun 1933, di mana wali kota Rio menyerahkan kunci kota kepada Raja Momo sebagai tanda dimulainya karnaval. 

Raja Momo biasanya diperankan oleh seorang pria gemuk dan ceria yang mengenakan mahkota dan jubah konyol. Selama lima hari, Raja Momo memimpin perayaan karnaval yang penuh dengan musik, tarian, dan warna-warni. Tradisi ini menunjukkan betapa pentingnya karnaval bagi budaya dan identitas Rio de Janeiro.

15. Istilah “Carioca”

Carioca
Potret Bangunan Carioca. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pernah dengar istilah “Carioca”? Nah, istilah ini digunakan untuk menyebut orang-orang yang lahir dan dibesarkan di Rio de Janeiro. Tapi, tahukah kamu dari mana asal istilah ini? Kata “Carioca” berasal dari bahasa Tupi-Guarani, bahasa asli penduduk pribumi Brasil. 

Ada dua teori utama tentang maknanya. Pertama, “Carioca” bisa berarti “rumah orang kulit putih” karena penduduk asli menyebut rumah-rumah yang dibangun oleh penjajah Portugis dengan istilah ini. Teori lainnya mengatakan bahwa “Carioca” merujuk pada sungai kecil yang mengalir di Rio. Mana pun yang benar, yang jelas, menjadi seorang Carioca berarti menjadi bagian dari budaya yang kaya dan penuh semangat di Rio de Janeiro.

16. Favela di Rio

Favela di Rio
Potret pemukiman Favela di Rio. Sumber: IST

Nggak bisa dipungkiri, kehidupan di Rio de Janeiro juga dikenal dengan keberadaan favela atau kawasan permukiman informal. Rio memiliki lebih dari 750 favela, dengan Rocinha sebagai favela terbesar dan paling terkenal. Meskipun sering dikaitkan dengan kemiskinan dan kriminalitas, favela juga merupakan pusat budaya yang hidup dan dinamis. 

Di sinilah musik samba sering dimainkan, dan banyak sekolah samba terletak. Favela-favela ini memberikan pandangan yang lebih mendalam tentang kehidupan sehari-hari di Rio, jauh dari gemerlap pantai dan pusat kota. Jadi, kalau kamu berkesempatan mengunjungi Rio, cobalah untuk melihat sisi lain dari kota ini dengan mengunjungi favela.

17. Menara Jam Central do Brasil

Menara Jam Central
Potret Menara Jam Central brasil. Sumber: IST

Di tengah pusat kota Rio de Janeiro, ada menara jam yang mungkin nggak banyak orang tahu, tapi sebenarnya sangat mengesankan. Menara jam di Central do Brasil ini lebih besar dari Big Ben di London! Dibangun pada tahun 1940-an dengan gaya arsitektur art deco, menara ini memiliki empat sisi yang masing-masing tingginya 10 meter. Jadi, kalau kamu sedang berada di Rio dan melewati Avenida Presidente Vargas, jangan lupa untuk melihat menara jam yang megah ini.

18. Rio dan Olimpiade

Rio dan Olimpiade
Potret Olimpiade tahun 2016 Brasil. Sumber: Dok. Reuters/Brian Snyder

Rio de Janeiro juga punya prestasi besar sebagai kota pertama di Amerika Selatan yang menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas. Pada tahun 2016, Rio mengalahkan kota-kota besar lainnya seperti Chicago, Tokyo, dan Madrid untuk menjadi tuan rumah Olimpiade. Meskipun persiapan Olimpiade tidak selalu mulus, akhirnya Rio berhasil mengadakan acara olahraga terbesar di dunia ini. 

Olimpiade ini tidak hanya membawa banyak wisatawan ke Rio, tetapi juga memberikan kesempatan bagi kota ini untuk menunjukkan budaya dan semangatnya kepada dunia. Stadion Maracanã sekali lagi menjadi sorotan, kali ini sebagai tempat upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade. Selain itu, berbagai fasilitas olahraga baru dibangun, memperkaya infrastruktur olahraga di Rio.

Kesimpulan

Rio de Janeiro, yang sering disebut “cidade maravilhosa” atau kota yang mengagumkan, adalah salah satu kota terbesar dan paling terkenal di Brasil. Kota ini memiliki sejarah yang panjang dan menarik, mulai dari namanya yang berasal dari kesalahpahaman penjelajah Portugis hingga menjadi ibu kota Brasil selama lebih dari dua abad. Bahkan, Rio pernah menjadi ibu kota Kerajaan Portugal ketika keluarga kerajaan melarikan diri dari invasi Napoleon. Keindahan alamnya juga luar biasa, dengan Teluk Guanabara yang dikelilingi lebih dari seratus pulau, serta Floresta da Tijuca, hutan kota terbesar di dunia.

Budaya Rio de Janeiro tak kalah menarik. Kota ini adalah tempat lahirnya musik samba dan bossa nova yang mendunia. Karnaval Rio, yang diadakan setiap tahun, adalah pesta terbesar di dunia, menarik jutaan pengunjung dengan parade warna-warni dan energi yang luar biasa. Sekolah-sekolah samba, banyak di antaranya berada di favela, memainkan peran penting dalam mempertahankan dan mengembangkan tradisi ini. Favela-favela di Rio, meskipun sering dikaitkan dengan kemiskinan, adalah pusat kehidupan budaya yang dinamis.

Dengan segala keunikan dan kekayaannya, Rio de Janeiro adalah kota yang penuh warna dan semangat. Dari sejarahnya yang kaya hingga budayanya yang hidup, Rio menawarkan banyak hal untuk dinikmati dan dieksplorasi. Jadi, bagi kamu yang penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang Rio de Janeiro, semoga artikel ini bisa menjadi panduan yang bermanfaat dan menyenangkan. Teruslah mengeksplorasi dan menemukan fakta-fakta menarik lainnya di dunia!

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *