Fakta Unik

10 Kota Terbesar di Indonesia Berdasarkan Wilayahnya

196
×

10 Kota Terbesar di Indonesia Berdasarkan Wilayahnya

Sebarkan artikel ini
Potret salah satu Kota terbesar. Sumber: IST

Hai, sobat suka fakta! Pernah nggak sih kamu mikir, kenapa sih beberapa kota di Indonesia disebut kota terbesar? Bukan cuma karena banyak penduduknya atau banyak kegiatannya, tapi juga karena luas wilayahnya. Luas wilayah ini penting banget, lho, bukan cuma soal administratif, tapi juga menandai potensi dan sumber daya alam kota itu.

Kota-kota besar ini nggak cuma jadi tempat tinggal buat jutaan orang, tapi juga jadi pusat ekonomi, kebudayaan, dan pendidikan. Kita bisa lihat betapa beragamnya kota-kota besar ini dari segi budaya, makanan, arsitektur, dan sejarah. Setiap sudut kota punya cerita yang menarik untuk dijelajahi.

Dalam artikel ini, kita bakal eksplorasi 10 kota terbesar di Indonesia berdasarkan luas wilayahnya. Mulai dari yang paling barat sampai yang paling timur, kita akan lihat apa aja yang bikin kota-kota ini spesial dan unik dengan ukuran wilayah yang mereka punya. Siap-siap, ya, sobat suka fakta, buat menjelajahi keindahan dan keunikannya!

10 Kota Terbesar di Indonesia

1. Palangkaraya

kota terbesar Palangkaraya
Potret salah satu kota terbesar Palangkaraya. Sumber: IST

Hai sobat suka fakta, kita akan mulai dengan mengenal lebih dekat kota yang mungkin belum banyak yang tahu, yaitu Palangkaraya. Kota ini terletak di Provinsi Kalimantan Tengah, dengan luas wilayah mencapai sekitar 2.853 km persegi. 

Palangkaraya memiliki julukan sebagai “Kota Cantik” dan juga “Kota Pariwisata”, karena keindahan alamnya yang masih alami dan belum tersentuh oleh perkembangan modern yang begitu pesat. Selain keindahan alamnya, Palangkaraya juga memiliki potensi pertanian yang besar, terutama dalam produksi kelapa sawit dan karet. 

Tidak hanya itu, Palangkaraya juga menjadi pusat pendidikan, dengan adanya beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia. Jadi, nggak heran kalau Palangkaraya jadi salah satu kota terbesar di Indonesia berdasarkan luas wilayahnya, ya!

2. Dumai

kota terbesar Dumai.
Potret salah satu kota terbesar Dumai. Sumber: Dok. iniRiau

Pindah ke Sumatera, kita akan temui kota Dumai. Kota ini terletak di Provinsi Riau, dengan luas wilayah mencapai sekitar 1.727 km persegi. Dumai merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan memiliki posisi yang strategis karena menjadi pintu gerbang utama masuknya barang dari luar negeri melalui Pelabuhan Dumai.

Dumai juga dikenal sebagai kota industri dan perdagangan yang berkembang pesat, terutama dalam sektor minyak dan gas. Selain itu, Dumai juga memiliki potensi pariwisata yang menarik, dengan pantai-pantai indah yang bisa dikunjungi. Jadi, nggak heran kalau Dumai jadi salah satu kota terbesar di Indonesia, kan?

3. Tidore

kota terbesar Tidore.
Potret salah satu kota terbesar Tidore. Sumber: IST

Sekarang kita ke daerah Maluku Utara, sobat suka fakta. Di sini ada kota yang namanya Tidore. Meskipun mungkin nggak sepopuler kota-kota lain, Tidore tetap punya tempat di hati sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia berdasarkan luas wilayahnya, yang mencapai sekitar 1.703 km persegi.

Kota ini terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pantainya yang eksotis. Selain itu, Tidore juga memiliki sejarah yang kaya, terutama sebagai salah satu pusat perdagangan rempah-rempah pada masa lampau. Jadi, kalau lagi jalan-jalan ke Maluku Utara, jangan lupa mampir ke Tidore ya!

4. Kota Subulussalam

kota terbesar Subulussalam
Potret salah satu kota terbesar Subulussalam Sumber: disdukcapil.subulussalamkota.go.id

Kita bergerak ke ujung barat Indonesia, di Provinsi Aceh, kita akan menemui Kota Subulussalam. Meskipun mungkin belum terlalu terkenal, Kota Subulussalam memiliki luas wilayah yang cukup besar, yaitu sekitar 1.391 km persegi. Kota ini terletak di pesisir barat Aceh dan dikenal dengan keindahan alamnya yang masih alami.

Kota Subulussalam juga memiliki keunikan karena menjadi salah satu kota di Indonesia yang menerapkan syariat Islam secara kaffah. Hal ini membuat Kota Subulussalam menjadi sorotan bagi banyak orang. 

Selain itu, Kota Subulussalam juga memiliki potensi pariwisata yang besar, terutama dalam hal ekowisata dan wisata bahari. Jadi, nggak heran kalau Kota Subulussalam masuk dalam daftar kota terbesar di Indonesia berdasarkan luas wilayahnya.

5. Kota Sorong

kota terbesar Sorong.
Potret salah satu kota terbesar Sorong. Sumber: Agung Pambudhy

Sekarang kita ke ujung timur Indonesia, tepatnya di Provinsi Papua Barat, kita akan menemui Kota Sorong. Kota ini memiliki luas wilayah yang cukup besar, yaitu sekitar 1.446 km persegi. Sorong merupakan salah satu kota penting di Papua Barat karena menjadi pintu gerbang utama menuju Raja Ampat, salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia.

Sorong juga memiliki sejarah yang kaya, terutama sebagai kota pelabuhan yang penting selama masa penjajahan. Hal ini tercermin dari bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda yang masih ada di Kota Sorong. Selain itu, Sorong juga memiliki potensi dalam sektor pertambangan dan perikanan. Jadi, nggak heran kalau Sorong juga masuk dalam daftar kota terbesar di Indonesia berdasarkan luas wilayahnya.

6. Kota Jayapura

kota terbesar Jayapura
Potret salah satu kota terbesar Jayapura Sumber: Kompas.com/Roberthus Yewen

Kembali ke Papua, kita akan bertemu dengan Kota Jayapura. Kota ini merupakan ibu kota Provinsi Papua dan memiliki luas wilayah yang cukup besar, yaitu sekitar 1.105 km persegi. Jayapura juga merupakan pusat pemerintahan, pendidikan, dan perdagangan di Papua.

Kota Jayapura memiliki sejarah yang kaya, terutama sebagai salah satu wilayah yang penting selama Perang Dunia II. Hal ini tercermin dari beberapa situs bersejarah yang masih ada di Kota Jayapura. Selain itu, Jayapura juga memiliki potensi pariwisata yang besar, terutama dalam hal wisata alam dan budaya. Jadi, nggak heran kalau Jayapura juga masuk dalam daftar kota terbesar di Indonesia berdasarkan luas wilayahnya.

7. Kota Samarinda

kota terbesar Samarinda.
Potret salah satu kota terbesar Samarinda. Sumber: IST

Kota Samarinda terletak di Provinsi Kalimantan Timur dan memiliki luas wilayah sekitar 718 km persegi. Kota ini dikenal sebagai salah satu kota terbesar di Kalimantan Timur dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. 

Samarinda juga memiliki potensi pariwisata yang menarik, terutama dalam hal wisata alam dan budaya.Selain itu, Samarinda juga dikenal dengan Sungai Mahakam yang melintasi kota ini, menjadi salah satu atraksi wisata yang menarik. Dengan perkembangan infrastruktur yang pesat, nggak heran kalau Samarinda masuk dalam daftar kota terbesar di Indonesia berdasarkan luas wilayahnya.

8. Batam

kota terbesar Batam
Potret salah satu kota terbesar Batam. Sumber: bpbatam.go.id

Kota Batam terletak di Provinsi Kepulauan Riau dan memiliki luas wilayah sekitar 1.575 km persegi. Batam merupakan salah satu kota yang paling maju di Indonesia, terutama dalam sektor industri dan perdagangan. 

Kota ini juga memiliki fasilitas-fasilitas modern yang lengkap, seperti bandara internasional dan pelabuhan internasional.Selain itu, Batam juga dikenal sebagai pusat pariwisata dan pusat belanja yang terkenal. Dengan perkembangannya yang pesat, Batam menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia berdasarkan luas wilayahnya.

9. Padang

kota terbesar Padang
Potret salah satu kota terbesar Padang. Sumber: Indonesia.travel

Kota Padang terletak di Provinsi Sumatera Barat dan memiliki luas wilayah sekitar 695 km persegi. Padang merupakan salah satu kota terbesar di Sumatera Barat dan dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Kota ini juga terkenal dengan kuliner khasnya, seperti rendang dan sate padang yang sudah terkenal hingga mancanegara.

Selain itu, Padang juga memiliki sejarah yang kaya, terutama sebagai pusat perdagangan dan pelabuhan pada masa lampau. Dengan potensi pariwisata dan kekayaan budayanya, nggak heran kalau Padang masuk dalam daftar kota terbesar di Indonesia berdasarkan luas wilayahnya.

10. Kota Pagar Alam

kota terbesar Pagar alam
Potret salah satu kota terbesar Pagar alam. Sumber: Dok.kompaspedia

Kota Pagar Alam terletak di Provinsi Sumatera Selatan dan memiliki luas wilayah sekitar 633 km persegi. Meskipun mungkin belum terlalu terkenal, Kota Pagar Alam memiliki potensi pariwisata yang besar, terutama dalam hal wisata alam. Kota ini dikelilingi oleh pegunungan yang hijau dan udara yang sejuk, menjadikannya tempat yang cocok untuk

Kota Terbesar di Indonesia Lainnya

Hai, sobat suka fakta! Selain dari kota-kota yang sudah kita bahas sebelumnya, masih ada beberapa kota lain di Indonesia yang juga punya ukuran wilayah yang cukup besar dan pantas disebut sebagai kota terbesar. Yuk, kita simak!

1. Kota Manado

Kita mulai dari Kota Manado, yang ada di Sulawesi Utara. Meskipun nggak sebesar kota-kota lain yang sudah kita bahas, Manado tetap jadi salah satu kota terbesar di provinsi ini. Kota ini punya potensi pariwisata yang besar, terutama wisata bahari dan budaya. Jadi, kalau lagi liburan ke Sulawesi Utara, jangan lupa mampir ke Manado ya!

2. Kota Pontianak

Pindah ke Kalimantan Barat, kita akan temui Kota Pontianak. Meskipun luas wilayahnya nggak terlalu besar, Pontianak tetap jadi salah satu kota terbesar di provinsi ini. Kota ini juga punya potensi pariwisata yang besar, terutama wisata alam dan budaya. Jadi, nggak ada salahnya buat mampir ke Pontianak saat kamu berkunjung ke Kalimantan Barat.

3. Kota Mataram

Sekarang kita ke Nusa Tenggara Barat, sobat suka fakta. Di sini ada Kota Mataram. Meskipun luas wilayahnya relatif kecil, Mataram tetap jadi salah satu kota terbesar di provinsi ini. Kota ini juga punya potensi pariwisata yang besar, terutama wisata alam dan budaya. Jadi, kalau kamu lagi jalan-jalan ke Nusa Tenggara Barat, jangan lupa mampir ke Mataram ya!

4. Kota Bandar Lampung

Terakhir, kita ke Lampung, sobat suka fakta. Di sini ada Kota Bandar Lampung. Meskipun luas wilayahnya nggak terlalu besar, Bandar Lampung tetap jadi salah satu kota terbesar di provinsi ini. Kota ini juga punya potensi pariwisata yang besar, terutama wisata pantai dan budaya. Jadi, kalau lagi liburan ke Lampung, jangan lupa mampir ke Bandar Lampung juga ya!

Meskipun berbeda-beda ukuran wilayahnya, setiap kota di Indonesia punya keunikan dan potensi yang bisa dikembangkan. Dengan potensi yang dimiliki, Indonesia punya banyak destinasi wisata dan sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Kesimpulan

Nah, sobat suka fakta, tadi kita sudah selesai menjelajahi 10 kota terbesar di Indonesia berdasarkan luas wilayahnya. Dari ujung barat sampai ujung timur, Indonesia memang kaya banget ya, nggak cuma dari segi alamnya tapi juga dari keberagaman budayanya.

Setiap kota punya cerita dan pesona yang beda-beda. Mulai dari keindahan alam yang bikin mata terpana sampai warisan budaya yang bikin kita semakin mencintai Indonesia. Semoga perjalanan kita tadi bisa bikin tambah sayang sama tanah air kita yang keren ini, ya!

Jangan lupa, terus dukung pelestarian alam dan budaya Indonesia, supaya anak cucu kita nanti juga bisa merasakan keindahan yang sama. Makasih udah menemani perjalanan ini, dan sampai jumpa di petualangan selanjutnya, sobat suka fakta!

REFERENSI:

  • detik.com. (2023, Juni 28). Ini 10 Kota Terbesar di Indonesia Berdasarkan Luas Wilayah, Tidak Ada Jakarta. Diakses dari https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6776700/ini-10-kota-terbesar-di-indonesia-berdasarkan-luas-wilayah-tidak-ada-jakarta
  • suara.com. (2023, Juni 14). 10 Kota Terbesar di Indonesia Berdasarkan Luas Wilayah dan Jumlah Penduduk. Diakses dari https://www.suara.com/news/2023/06/14/201021/10-kota-terbesar-di-indonesia-berdasarkan-luas-wilayah-dan-jumlah-penduduk
  • liputan6.com. (2023, Juni 25). DKI Jakarta hingga Makassar, Ini 10 Kota Terbesar di Indonesia Berdasarkan Jumlah Penduduknya. Diakses dari https://www.liputan6.com/citizen6/read/5319869/dki-jakarta-hingga-makassar-ini-10-kota-terbesar-di-indonesia-berdasarkan-jumlah-penduduknya
  • umsu.ac.id. (2023, Juni 15). 10 Kota Terbesar di Indonesia: Ragam Budaya, Ekonomi, dan Keindahan. Diakses dari https://umsu.ac.id/artikel/10-kota-terbesar-di-indonesia-ragam-budaya-ekonomi-dan-keindahan/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *