Misteri

Mitos & Fakta Sundel Bolong, Hantu Wanita Cantik dengan Lubang Besar di Punggungnya

147
×

Mitos & Fakta Sundel Bolong, Hantu Wanita Cantik dengan Lubang Besar di Punggungnya

Sebarkan artikel ini
Fakta & Mitos Tentang Sundel Bolong.
Fakta & Mitos Tentang Sundel Bolong. Sumber: indonesian-recipes.com

Halo, Sobat Suka Fakta! Kalian pasti udah sering banget denger tentang hantu-hantu legendaris di Indonesia, kan?! Di antaranya yang paling terkenal adalah kuyang, tuyul, kuntilanak, pocong, wewe gombel, hingga sundel bolong. 

Nah, dalam artikel ini, kita bakal kupas tuntas mitos dan fakta Sundel Bolong. Hantu ini sering digambarkan sebagai wanita cantik dengan rambut panjang dan gaun putih. Tapi yang bikin dia beda dari hantu-hantu lainnya adalah lubang besar di punggungnya yang memperlihatkan organ tubuhnya! Serem banget, ya?!

Selain penampilannya yang mengerikan, cerita-cerita tentang Sundel Bolong juga penuh dengan unsur tragis dan misteri. Mitos tentang hantu ini nggak cuma terkenal di Indonesia, tapi juga menyebar sampai ke negara tetangga seperti Malaysia. Jadi, nggak heran kalau Sundel Bolong selalu jadi bahan pembicaraan yang seru dan menegangkan.

Fakta tentang Sundel Bolong

1. Namanya Berasal dari Bahasa Jawa 

 Fakta Sundel Bolong
Ilustrasi Sundel Bolong. Sumber: Pramono Estu

Sobat Suka Fakta, nama “Sundel Bolong” sendiri berasal dari bahasa Jawa, di mana “sundel” berarti wanita jalang atau pelacur, dan “bolong” berarti berlubang tembus. Dari namanya aja udah serem, kan?!

Sundel Bolong sering disamakan dengan Kuntilanak karena penampilannya yang mirip, yakni berambut panjang dan mengenakan gaun putih. Tapi yang membedakan Kuntilanak dengan Sundel bolong adalah punggungnya. Di mana kuntilanak tidak memiliki lubang di punggung.

2. Ada Makna yang Terkandung di Balik Cerita Sundel Bolong

wanita
Ilustrasi wanita berjalan sendiri pada malam hari. Sumber: IST

Cerita tentang Sundel Bolong mungkin diciptakan untuk melindungi wanita dari bahaya di malam hari. Dengan cerita-cerita seram ini, wanita diharapkan tidak berjalan sendirian di tempat sepi, sehingga lebih aman dari kejahatan. 

Pesan moral ini mengingatkan kita akan pentingnya menjaga keselamatan, terutama bagi wanita di malam hari. Selain itu, cerita Sundel Bolong juga menggambarkan betapa kuatnya kepercayaan masyarakat terhadap hal-hal gaib. 

Masyarakat menggunakan berbagai ritual dan benda-benda tertentu untuk melindungi diri dari gangguan makhluk halus. Cerita sundel bolong ini juga mengajarkan kita untuk selalu waspada dan menghormati kepercayaan lokal yang ada di masyarakat.

3. Media Memainkan Peran Besar dalam Menyebarluaskan Cerita Sundel Bolong

Film suzanna
Potret Film Suzanna. Sumber: tribunnewswiki.com

Media sosial memiliki peran besar dalam menyebarkan cerita-cerita seram seperti Sundel Bolong. Dengan adanya platform seperti Facebook, Instagram, dan X, cerita-cerita tentang Sundel Bolong bisa dengan cepat menyebar ke banyak orang. 

Banyak netizen yang membagikan pengalaman mereka atau cerita-cerita horor yang mereka dengar, membuat mitos ini semakin dikenal dan ditakuti. Selain itu, film-film horor dan acara televisi juga sering mengangkat kisah Sundel Bolong. 

Film “Sundel Bolong” yang diperankan oleh Suzanna, misalnya, menjadi salah satu film horor legendaris yang memperkenalkan Sundel Bolong ke masyarakat luas. Pengaruh media ini membuat cerita Sundel Bolong semakin populer dan menjadi bagian dari budaya horor di Indonesia.

Mitos tentang Sundel Bolong

sundel bolong.
Kolase mitos mitos sundel bolong. Sumber: IST

1. Bisa Berubah Wujud Menjadi Wanita Cantik

Sundel Bolong digambarkan sebagai wanita cantik berambut panjang dengan gaun putih panjang. Namun, yang membuat penampilannya sangat mengerikan adalah lubang besar di punggungnya yang memperlihatkan organ-organ tubuhnya. 

Lubang ini adalah hasil dari kisah tragis yang dialaminya, dan menjadi ciri khas yang membedakan Sundel Bolong dari hantu-hantu lainnya. Meski penampilannya seram, Sundel Bolong sering kali tampil menjadi sosok cantik dan memikat. 

Rambut panjangnya biasanya digunakan untuk menutupi lubang di punggungnya, menambah elemen kejutan saat seseorang menyadari siapa sebenarnya yang mereka hadapi.

2. Senang Mencuri Bayi yang Baru Lahir

Salah satu cerita paling populer tentang Sundel Bolong adalah kebiasaannya mencuri bayi yang baru lahir. Konon, dia melakukan ini sebagai bentuk balas dendam karena dirinya sendiri mati tragis setelah melahirkan di kuburan. 

Cerita ini membuat banyak ibu-ibu baru merasa khawatir dan selalu berjaga-jaga, terutama di malam hari. Cerita lain yang sering terdengar adalah tentang Sundel Bolong yang bisa mengelabui pria dengan penampilannya yang cantik. 

Pria yang tergoda oleh kecantikannya sering kali tidak menyadari bahaya yang mengintai. Setelah pria tersebut lengah, Sundel Bolong akan menunjukkan wujud aslinya dan menyerang mereka. Kisah-kisah ini menambah kesan seram dan misteri yang melingkupi Sundel Bolong.

3. Takut dengan Benda Tajam, Bawang Merah, dan Cermin

Banyak orang percaya bahwa benda-benda tajam seperti paku, pisau, dan gunting bisa digunakan untuk mengusir Sundel Bolong. Menurut mitos, Sundel Bolong takut dengan benda-benda tajam ini karena bisa melukai dan mengusirnya. 

Oleh karena itu, meletakkan benda-benda tajam di sekitar rumah dianggap bisa memberikan perlindungan. Selain itu, bawang merah juga sering digunakan sebagai alat pelindung. Bau bawang merah yang kuat dipercaya bisa menjauhkan Sundel Bolong. 

Cermin juga digunakan karena katanya Sundel Bolong tidak suka melihat bayangan dirinya sendiri. Menempatkan cermin di kamar atau di tempat-tempat tertentu di rumah diyakini bisa membuat hantu ini pergi.

4. Biasa Muncul di Malam Hari 

Sundel Bolong biasanya muncul di malam hari, waktu yang dianggap paling menyeramkan dan penuh dengan energi mistis. Malam hari juga memberikan suasana yang tepat untuk kemunculan hantu ini, dengan kegelapan dan keheningan yang menambah kesan horor. 

Tempat-tempat seperti jalanan sepi, hutan, atau kuburan sering menjadi lokasi favorit kemunculannya. Banyak yang percaya bahwa menghindari tempat-tempat tersebut setelah gelap adalah cara terbaik untuk menghindari pertemuan dengan Sundel Bolong.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, cerita tentang Sundel Bolong memang menyeramkan, tapi juga penuh dengan pesan moral dan nilai-nilai budaya yang menarik. Mitos ini tidak hanya menjadi bagian dari cerita horor yang menghiasi malam-malam kita, tetapi juga menggambarkan kekayaan budaya dan kepercayaan masyarakat Indonesia.

Sundel Bolong, dengan lubang besar di punggungnya, menjadi simbol dari wanita yang menderita dan menuntut keadilan atas perlakuan tidak adil yang dialaminya. Melalui cerita ini, kita diajak untuk lebih menghormati dan melindungi wanita, serta menjaga kehormatan dan martabat mereka.

Jadi, Sobat Suka Fakta, cerita Sundel Bolong ini bukan hanya tentang hantu yang menakutkan, tapi juga tentang nilai-nilai yang perlu kita jaga dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari setiap cerita dan menjadi pribadi yang lebih baik. 

Referensi:

  • “Sundel Bolong” di Wikipedia. Diakses dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Sundel_bolong
  • “Fakta Tentang Kuntilanak yang Harus Kamu Tahu” di BeritaJatim. Diakses dari: https://beritajatim.com/ragam/fakta-tentang-kuntilanak-yang-harus-kamu-tahu/
  • “Mitos Sundel Bolong dan Kisahnya” di PopMama. Diakses dari: https://www.popmama.com/community/groups/life/random-chat/mitos-sundel-bolong-dan-kisahnya
  • “Sundel Bolong: Figur Mistis Gambaran” di Tinta dan Warna. Diakses dari: https://www.tintadanwarna.com/2021/04/sundel-bolong-figur-mistis-gambaran.html
  • “Asal Usul Sundel Bolong” di Kumparan. Diakses dari: https://kumparan.com/selidik/asal-usul-sundel-bolong/1
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *