Misteri

Fakta dan Mitos Pocong, Hantu Berkain Kafan yang Menyeramkan

114
×

Fakta dan Mitos Pocong, Hantu Berkain Kafan yang Menyeramkan

Sebarkan artikel ini
Fakta & Mitos Tentang Pocong.
Fakta & Mitos Tentang Pocong. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Pernah nggak sih, kalian mencari tahu tentang hantu-hantu yang paling terkenal di Indonesia? Seperti kuntilanak, wewe gombel, hingga tuyul. Nah, hari ini kita akan membahas salah satu hantu yang paling terkenal dan menyeramkan di Indonesia, yaitu pocong. Siapa sih yang tidak pernah dengar tentang hantu yang terbungkus kain kafan ini? 

Pocong sering muncul dalam film horor, cerita rakyat, dan mitos yang berkembang di masyarakat kita. Tapi, tahukah kamu bahwa ada banyak fakta dan mitos menarik tentang pocong yang mungkin belum kamu ketahui?

Di artikel ini, kita akan kupas tuntas berbagai tentang mitos dan fakta pocong, mulai dari asal-usulnya, bagaimana penggambarannya, hingga kepercayaan dan cerita yang berkembang di berbagai daerah di Indonesia. 

Kita juga akan bahas pandangan syariat Islam mengenai pocong dan bagaimana hantu ini menjadi bagian dari kepercayaan mistis kita. Jadi, tujuan artikel ini adalah untuk memberikan kamu pemahaman yang lebih mendalam tentang pocong, baik dari sisi fakta maupun mitos, dengan gaya bahasa yang santai dan informatif.

Siap-siap untuk mengenal lebih dekat tentang pocong dan jangan lupa untuk berbagi artikel ini dengan teman-temanmu yang juga penasaran! Ayo, kita mulai petualangan dengan memahami apa itu pocong dan asal usulnya dalam budaya kita. Lanjut ke bagian berikutnya ya, Sobat Suka Fakta!

Asal Usul dan Sejarah Pocong

Potret Makhluk halus Pocong.
Potret Makhluk halus Pocong. Sumber: depositphotos.com

Pocong adalah hantu yang berwujud manusia terbungkus kain kafan, dikenal juga sebagai hantu kafan atau hantu bungkus di Indonesia. Pocong dipercaya sebagai arwah orang mati yang terperangkap dalam kafan mereka.

Menurut mitos yang beredar, setelah seseorang meninggal, jiwa mereka akan tinggal di bumi selama 40 hari. Nah, jika ikatan kain kafan tidak dilepaskan setelah 40 hari, tubuh tersebut dikatakan akan bangkit dari kubur untuk memperingatkan orang-orang bahwa jiwa mereka perlu dilepaskan. Setelah ikatan dilepaskan, jiwa tersebut akan benar-benar meninggalkan bumi. Menyeramkan, ya?! Tapi itulah yang membuat pocong begitu menarik untuk dibahas!

Selain itu, pocong memiliki latar belakang budaya yang erat kaitannya dengan tradisi pemakaman dalam Islam. Menurut tradisi ini, jenazah harus dikafani sebelum dimakamkan. Kain kafan ini diikat pada beberapa bagian tubuh jenazah, termasuk kepala, leher, dan kaki. Jika tali-tali ini tidak dilepas setelah pemakaman, dipercaya bahwa arwah jenazah akan terperangkap dan menjadi pocong.

Seiring berjalannya waktu, cerita pocong telah berkembang dan berubah sesuai dengan budaya dan kepercayaan masyarakat. Pocong tidak hanya muncul dalam cerita rakyat, tetapi juga menjadi ikon dalam film horor modern dan cerita mistis lainnya. 

Di sinema nasional, pocong sering menjadi tokoh utama dalam film-film horor, menggambarkan hantu yang menyeramkan dan penuh misteri. Bahkan, ada beberapa film yang menggunakan pocong sebagai judul utama, seperti “Pocong 2” dan “Pocong Keliling”.

Menariknya, pocong tidak hanya dikenal di Indonesia. Dalam parade ondel-ondel di Afrika sebelum perayaan Natal, wujud pocong juga sering digunakan. Ini menunjukkan bahwa meskipun pocong berasal dari tradisi dan mitos lokal Indonesia, pengaruhnya sudah menyebar hingga ke berbagai belahan dunia. Dalam budaya pop, pocong sering kali menjadi simbol horor yang ikonik, menambah warna dalam seni dan cerita-cerita mistis yang kita kenal.

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah sekilas tentang asal usul pocong. Sekarang, mari kita lanjut ke bagian berikutnya untuk mengetahui lebih banyak fakta menarik tentang pocong. Siap-siap untuk terkejut dengan berbagai hal unik dan menyeramkan tentang hantu ini!

Fakta- fakta Menarik Tentang Pocong

Sobat Suka Fakta, sekarang kita akan masuk ke bagian yang pastinya bikin kalian makin penasaran, yaitu fakta-fakta menarik tentang pocong. Hantu yang satu ini memang penuh dengan cerita dan mitos yang bikin bulu kuduk merinding. Yuk, kita bahas satu per satu!

1. Memiliki Penampilan yang Khas dan Mudah Dikenali

Potret Makhluk halus Pocong.
Potret Makhluk halus Pocong. Sumber: kincir.com

Pocong memiliki penampilan yang khas dan mudah dikenali. Berikut beberapa ciri-cirinya:

  • Wajah Pucat atau Gosong: Pocong sering digambarkan dengan wajah putih pucat atau gosong. Mata mereka kadang-kadang digambarkan merah menyala atau tertutup kapas.
  • Kain Kafan: Seluruh tubuh pocong terbungkus kain kafan yang biasa digunakan dalam pemakaman Islam.
  • Lubang Mata Berongga: Beberapa cerita menyebutkan pocong dengan lubang mata yang berongga, menambah kesan seram.

2. Gerakan Pocong adalah Melompat dan Melayang

Potret makhluk halus pocong.
Potret makhluk halus pocong. Sumber: id.quora.com

Sobat Suka Fakta pasti sering melihat pocong melompat-lompat dalam film horor, kan? Sebenarnya, ini adalah salah satu interpretasi modern dari pocong. Menurut mitos, pocong sebenarnya bergerak melayang-layang. 

Namun, karena aktor yang memerankan pocong di film tidak bisa menggerakkan kakinya, mereka terpaksa melompat-lompat. Fakta ini sering digunakan masyarakat untuk membedakan antara pocong asli dan pocong palsu.

3. Pocong Memiliki Cerita unik di Setiap Daerah

Ilustrasi pocong andong.
Ilustrasi pocong andong. Sumber: mojok.co

Di setiap daerah di Indonesia, ada cerita unik tentang pocong:

  • Pocong Plastik di Jakarta: Cerita tentang seorang wanita hamil yang dibunuh dan dibungkus plastik, yang kemudian arwahnya menjadi pocong plastik.
  • Andong Pocong di Sidoarjo: Legenda tentang dua arwah pengantin baru yang meninggal dalam kecelakaan delman dan menjadi pocong yang menaiki delman.

4. Pocong Beri Pengaruh Kuat dalam Seni dan Budaya

Film tentang pocong.
Film tentang pocong. Sumber: m.imdb.com

Pocong sering kali menjadi inspirasi dalam cerita horor dan film-film Indonesia. Di sinema nasional, pocong hampir selalu hadir dalam film-film bergenre horor. Beberapa film terkenal seperti “Pocong 2” dan “Pocong Keliling” menggunakan hantu ini sebagai judul utama. 

Selain di Indonesia, pocong juga muncul dalam parade ondel-ondel sebelum perayaan Natal di Afrika, menunjukkan bahwa pengaruh pocong sudah menyebar hingga ke berbagai belahan dunia.

5. Pocong Paling Seram dan Terkenal adalah Pocong Merah

varian pocong merah.
Potret jenis pocong merah. Sumber: Bombastis

Pocong Merah adalah jenis pocong yang paling ditakuti karena reputasinya yang agresif dan penuh dendam. Warna merah pada pocong ini dikaitkan dengan perasaan marah dan dendam kesumat. Pocong Merah diyakini lebih mungkin menyerang orang hidup tanpa provokasi.

6. Memiliki Bau Busuk hingga Ketuk Pintu dengan Kepala

Pocong
Ilustrasi Pocong mengetuk pintu. Sumber: Instagram.com/nadyaarina

Pocong memiliki beberapa kebiasaan yang membuatnya semakin menyeramkan:

  • Bau Busuk: Pocong sering kali dikaitkan dengan bau yang sangat busuk, mirip bau bangkai. Banyak yang mengatakan bahwa jika kamu mencium bau ini, kemungkinan besar pocong sedang berada di dekatmu.
  • Meniup dan Meludah: Pocong juga suka meniup dari belakang atau bahkan meludah. Beberapa orang yang pernah bertemu pocong melaporkan bahwa mereka merasa ada yang meniup atau meludah dari belakang, tapi ketika mereka menoleh, tidak ada siapa-siapa.
  • Mengetuk Pintu dengan Kepala: Karena tangannya terbungkus kain kafan, pocong biasanya mengetuk pintu dengan kepala. Pintu rumah akan diketuk dengan suara yang sangat keras pada tengah malam.

7. Tempat-Tempat Favorit Pocong

Pohon pisang tempat favorit pocong.
Pohon pisang tempat favorit pocong. Sumber: IST

Menurut berbagai cerita dan mitos, pocong suka muncul di tempat-tempat tertentu yang memiliki nuansa mistis dan menyeramkan:

  • Tempat Lembab dan Penuh Tanaman: Pocong suka muncul di tempat-tempat yang sunyi, lembab, dan penuh dengan tanaman yang lebat, terutama pohon pisang.
  • Lokasi Kejadian Naas: Pocong sering muncul di tempat-tempat yang pernah menjadi lokasi kejadian naas seperti bekas tempat pembunuhan, bunuh diri, atau kecelakaan. Konon, arwah yang penasaran masih berkeliaran di tempat-tempat tersebut.

8. Pocong Sering Digunakan Sebagai “Penglaris” dan Penjaga

Ilustrasi pocong sebagai penglaris.
Ilustrasi pocong sebagai penglaris. Sumber: Youtube

Tahukah kamu kalau pocong juga sering digunakan sebagai “penglaris” untuk usaha atau penjaga tempat tertentu? Ada cerita-cerita yang mengatakan bahwa beberapa rumah makan menggunakan pocong sebagai penglaris agar usaha mereka ramai dikunjungi orang. Selain itu, pocong juga digunakan sebagai penjaga tempat-tempat tertentu, seperti gedung kampus atau area terlarang di tempat wisata.

Wah, ternyata banyak sekali fakta menarik tentang pocong, ya! Sekarang kita sudah tahu lebih banyak tentang penampilan, gerakan, cerita daerah, serta peran pocong dalam seni dan budaya. Jangan ke mana-mana dulu, karena setelah ini kita akan masuk ke bagian yang tak kalah seru, yaitu mitos-mitos tentang pocong. Tetap di sini, Sobat Suka Fakta!

Mitos-Mitos Pocong yang Sebaiknya Tidak Dipercaya

Sobat, sekarang saatnya kita membahas berbagai mitos tentang pocong yang sering beredar di masyarakat. Siap-siap untuk terkejut dan mungkin sedikit merinding, ya!

1. Tali Pocong Harus Dilepas

Potret Tali pocong.
Potret Tali pocong. Sumber: Tim detikjatim

Salah satu mitos yang paling terkenal adalah bahwa tali pocong harus dilepas agar arwah jenazah bisa tenang dan tidak bergentayangan. Menurut kepercayaan ini, jika tali pocong tidak dilepas, arwah jenazah akan bangkit dari kubur untuk meminta pertolongan agar tali tersebut dilepas. Namun, pandangan syariat Islam menjelaskan bahwa arwah jenazah tidak akan kembali ke dunia setelah meninggal. Penampakan pocong lebih dianggap sebagai ulah jin yang ingin menakuti manusia.

2. Pocong Korban Pembunuhan

Pocong.
Potret Makhluk halus Pocong. Sumber: kaskus.co.id

Ada juga mitos yang menyebutkan bahwa tali pocong korban pembunuhan biasanya tidak akan dibuka agar arwahnya bisa menuntut balas dendam kepada pembunuhnya. Cerita ini sering kali digunakan dalam film dan cerita horor untuk menambah kesan menyeramkan. Meskipun begitu, pada kenyataannya, mitos ini tidak berdasar dan lebih merupakan hasil dari imajinasi manusia yang berkembang di masyarakat.

3. Jin Kafir Menyerupai Pocong

Pocong.
Potret Makhluk halus Pocong. Sumber: kaskus.co.id

Mitos lainnya mengatakan bahwa pocong adalah ulah jin kafir yang ingin menggoda dan menakuti manusia. Dalam Islam, jin memang dipercaya memiliki kemampuan untuk menyerupai berbagai bentuk, termasuk pocong. Namun, perlu diingat bahwa banyak ulama berpendapat bahwa penampakan pocong hanyalah khayalan masyarakat atau ulah jin yang iseng, bukan arwah orang mati yang kembali ke dunia.

Penampakan Pocong di Google Membuat Heboh Dunia Maya

Pocong yang tertangkap kamera.
Potret pocong yang tertangkap kamera. Sumber: akurat.co

Siapa sangka, Sobat Suka Fakta, pocong juga bisa eksis di era digital! Baru-baru ini, dunia maya dihebohkan dengan foto penampakan pocong yang muncul di Google Street View. Foto tersebut diambil di Kedungwaru Kidul, Demak, Jawa Tengah, dan menambah dimensi baru pada cerita-cerita mistis ini. Meskipun pemilik foto tidak merasakan apa-apa yang aneh saat memotret, penampakan ini tetap saja membuat geger banyak orang di dunia maya.

Nah, Sobat Suka Fakta, kita sudah membahas berbagai mitos menarik tentang pocong. Dari tali pocong yang harus dilepas hingga pocong di era digital, semua ini menunjukkan betapa kaya dan beragamnya cerita dan kepercayaan yang berkembang di masyarakat kita. Jangan kemana-mana, karena masih ada banyak cerita seru yang akan kita bahas!

Kesimpulan

Baiklah, Sobat Suka Fakta, kita sudah sampai di akhir perjalanan kita dalam mengenal lebih dekat tentang pocong, hantu berkain kafan yang menyeramkan ini. Dari asal usulnya, fakta-fakta menarik, hingga mitos yang mengelilinginya, kita bisa melihat betapa kaya dan beragamnya cerita serta kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap pocong.

Pocong, dengan segala misteri dan ceritanya, telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari budaya kita. Meskipun banyak dari cerita-cerita tersebut yang didasarkan pada mitos dan kepercayaan lokal, pocong tetap menjadi simbol horor yang ikonik dan menarik untuk dibahas. 

Penting untuk kita tetap kritis dan tidak mudah percaya pada segala cerita mistis yang beredar. Fakta dan mitos tentang pocong bisa memberikan kita wawasan baru dan memperkaya pengetahuan kita tentang budaya dan tradisi yang ada di Indonesia.

Jadi, apakah Sobat Suka Fakta sudah siap untuk berbagi cerita dan pengalaman kalian tentang pocong? Jangan lupa untuk berbagi artikel ini dengan teman-temanmu yang juga penasaran, dan sampai jumpa di artikel berikutnya! Tetap semangat untuk mencari fakta menarik lainnya dan terus kritis terhadap cerita-cerita mistis di sekitar kita. Sampai jumpa, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

  • Wikipedia Contributors. (n.d.). Pocong. Diakses pada 2 Juli 2024, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Pocong
  • Bayu. (2023, Juni 12). 10 Fakta Tentang Pocong yang Perlu Kamu Ketahui. IDN Times. Diakses pada 2 Juli 2024, dari https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/bayu/fakta-tentang-pocong
  • Kompas.com. (2021, Mei 16). Asal Usul Hantu Pocong, Benarkah Berasal dari Mayat yang Meminta Pertolongan?. Diakses pada 2 Juli 2024, dari https://buku.kompas.com/read/1605/asal-usul-hantu-pocong-benarkah-berasal-dari-mayat-yang-meminta-pertolongan
  • Dream.co.id. (2019, September 16). 3 Mitos Tentang Pocong yang Sebaiknya Jangan Kamu Percaya. Diakses pada 2 Juli 2024, dari https://www.dream.co.id/stories/3-mitos-tentang-pocong-yang-sebaiknya-jangan-kamu-percaya-1909163.html
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *