Fakta Unik

12 Fakta Kucing Putih, Ras Kucing Pertama yang Menghuni Gedung Putih

223
×

12 Fakta Kucing Putih, Ras Kucing Pertama yang Menghuni Gedung Putih

Sebarkan artikel ini
Gambar kucing
Potret kucing putih sedang duduk. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Siapa di sini yang suka banget sama kucing? Apalagi kucing putih yang super imut dan elegan? Nah, kali ini kita bakal bahas segala hal menarik tentang kucing putih yang mungkin belum banyak orang tahu. 

Kucing putih memang punya daya tarik tersendiri, mulai dari warna bulunya yang langka hingga mitos-mitos unik yang mengelilingi mereka. Yuk, kita eksplorasi lebih dalam tentang si cantik berbulu putih ini dan kenapa mereka bisa jadi begitu istimewa!

Dalam artikel ini, kita akan kupas tuntas 12 fakta menarik tentang kucing putih. Mulai dari keunikan warna mata mereka, kenapa banyak dari mereka yang tuli, sampai ras-ras kucing putih yang paling populer. 

Kita juga akan bahas bagaimana caranya merawat kucing putih biar tetap sehat dan bersih. Dan pastinya, kita akan lihat bagaimana kucing putih sering muncul dalam budaya populer dan bahkan di Gedung Putih!

Jadi, siap untuk tahu lebih banyak tentang si manis kucing putih? Simak terus ya, Sobat Suka Fakta! Artikel ini bakal kasih kamu banyak info menarik yang bikin kamu makin sayang sama kucing putih. Langsung aja kita mulai dari fakta pertama tentang keunikan warna mata kucing putih. Let’s go!

1. Memiliki Warna Mata yang Sangat Bervariasi, Biru Hingga Emas 

Gambar kucing putih
Kucing putih yang memiliki mata biru dan hijau. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pernah nggak sih kamu perhatiin kalau mata kucing putih itu seringkali beda dari kucing lainnya? Yup, warna mata kucing putih bisa sangat bervariasi. Semua anak kucing, termasuk yang putih, lahir dengan mata biru. Tapi seiring berjalannya waktu, mata mereka bisa berubah warna jadi hijau, emas, atau tembaga. Menarik, kan?

Yang lebih keren lagi, beberapa kucing putih punya dua mata dengan warna yang berbeda, kondisi ini disebut heterochromia. Jadi jangan heran kalau kamu melihat kucing putih dengan satu mata biru dan satu mata hijau. Ini karena gen W yang bikin bulu mereka putih juga bisa mempengaruhi warna mata. Sungguh kombinasi yang bikin mereka terlihat makin istimewa!

2. Memiliki Gen Khusus yang Tanggung Jawab Atas Warna Bulu Mereka

Kucing Putih
Potret Hewan Kucing Putih. Sumber: IST

Nah, lanjut ke fakta berikutnya, kita bakal bahas soal genetika kucing putih. Ternyata, ada gen khusus yang bertanggung jawab atas bulu putih mereka, yaitu gen W. Gen ini bisa dominan atau resesif, dan kalau gen ini hadir, dia bakal menutupi warna bulu lain yang seharusnya ada. Jadi, kucing putih sebenarnya punya warna bulu lain yang tersembunyi di balik gen W ini.

Sobat Suka Fakta juga perlu tahu kalau kucing putih bukan berarti albino, lho. Kucing albino benar-benar nggak punya melanin, sedangkan kucing putih masih punya sedikit melanin di mata dan kulitnya. Jadi, meskipun sama-sama punya bulu putih, albino dan kucing putih itu beda, ya!

3. 80% Kucing Putih dengan 2 Mata Biru Lahir Tuli 

Gambar kucing
Potret hewan Kucing putih. Sumber: IST

Mungkin banyak yang belum tahu, tapi kucing putih sering kali mengalami ketulian. Faktanya, sekitar 80% kucing putih dengan dua mata biru lahir tuli. Hal ini disebabkan oleh gen W yang nggak hanya menutupi warna bulu, tapi juga mempengaruhi pendengaran. Gen ini mengurangi jumlah sel-sel melanin yang penting untuk kesehatan telinga bagian dalam.

Namun, nggak semua kucing putih tuli. Kalau kucing putih punya satu mata biru dan satu mata dengan warna lain, biasanya mereka cuma tuli di telinga di sisi mata birunya. Meski begitu, kucing putih yang tuli tetap bisa jadi hewan peliharaan yang manis dan penuh kasih sayang. Mereka hanya butuh perhatian khusus dalam hal berkomunikasi dan keamanan.

4. Khao Manee Adalah Ras Kucing Putih yang Paling Populer 

fakta kucing putih
Potret Hewan Kucing Putih. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu kalau ada beberapa ras kucing yang terkenal dengan bulu putihnya? Salah satunya adalah Khao Manee, yang namanya berarti “seperti berlian putih” dalam bahasa Thailand. Kucing ini nggak hanya punya bulu putih yang berkilau, tapi juga mata yang seringkali berwarna berbeda, menambah kesan eksotis.

Selain Khao Manee, ada juga Angora Turki yang dulu dianggap hanya punya bulu putih bersih. Namun, sekarang mereka hadir dalam berbagai warna. Ras lain seperti Persia, Rex, dan Van Turki juga punya variasi bulu putih yang membuat mereka terlihat elegan dan unik. Jadi, banyak banget pilihan ras kucing putih yang bisa kamu pilih sebagai peliharaan!

5. Memiliki Masalah Kesehatan Jika Terkena Paparan Sinar Matahari

Kucing Putih
Potret Hewan Kucing Putih. Sumber: IST

Kucing putih memang cantik, tapi mereka juga punya risiko kesehatan yang harus diperhatikan, terutama terkait sinar matahari. Karena kekurangan melanin, kulit mereka lebih rentan terhadap sengatan matahari. Bagian tubuh seperti hidung, telinga, dan sekitar mata yang punya bulu tipis atau nggak ada bulu sama sekali, paling rentan terkena dampak buruk sinar UV.

Untuk melindungi kucing putihmu dari sengatan matahari, Sobat Suka Fakta bisa membatasi waktu mereka berada di bawah sinar matahari langsung, terutama antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Kamu juga bisa pasang film anti-UV di jendela rumah atau gunakan tabir surya khusus hewan peliharaan. Dengan begitu, kucing putihmu bisa tetap aman dan nyaman meski suka berjemur.

6. Kucing Putih Dianggap Mendatangkan Kekayaan dan Kemakmuran 

Maneki neko
Potret Patung Maneki Neko. Sumber: IST

Di berbagai budaya, kucing putih sering dianggap membawa keberuntungan. Di Rusia, misalnya, kucing putih dipercaya bisa mendatangkan kekayaan dan kemakmuran bagi pemiliknya. Hal ini membuat kucing putih jadi sangat dihargai dan dicintai di sana. Selain itu, dalam budaya Jepang, patung Maneki Neko yang terkenal, sering digambarkan sebagai kucing putih yang melambangkan nasib baik dan keberuntungan.

Kucing putih juga sering muncul dalam cerita rakyat dan legenda sebagai simbol keberuntungan dan pelindung dari roh jahat. Jadi, kalau Sobat Suka Fakta punya kucing putih di rumah, bisa jadi kamu punya jimat keberuntungan yang hidup, lho! Menarik banget, kan, bagaimana seekor kucing bisa punya makna yang begitu dalam di berbagai budaya?

7. Menjadi Ras Kucing Pertama yang Menghuni Gedung Putih 

Presiden Rutherford B. Hayes.
Potret Presiden Rutherford B. Hayes. Sumber: Dok. zonautara.com

Sobat Suka Fakta, kucing putih nggak cuma populer di kalangan masyarakat biasa, tapi juga pernah jadi penghuni Gedung Putih, lho! Misalnya, kucing Siam milik Presiden Rutherford B. Hayes, yang meskipun nggak sepenuhnya putih, tetap menjadi kucing pertama yang menghuni Gedung Putih. Kucing lainnya yang terkenal adalah Misty Malarky Ying Yang, milik Presiden Jimmy Carter, yang punya bulu putih menawan.

Yang paling terkenal adalah dua kucing Angora Turki milik Presiden William McKinley, yang diberi nama Enrique DeLome dan Valeriano Weyler. Bayangkan saja, kucing-kucing ini berkeliaran di lorong-lorong Gedung Putih dan mungkin pernah mengelus kaki para pemimpin dunia yang berkunjung ke sana!

8. Mereka Cenderung Lebih Pemalu Dibandingkan Kucing Warna Lain

Kucing Putih
Potret Hewan Kucing Putih. Sumber: IST

Kita sering mendengar stereotype tentang kepribadian kucing berdasarkan warna bulu mereka. Kucing putih seringkali dianggap lebih pemalu atau lebih tenang dibandingkan kucing dengan warna lain. Meskipun ini hanya persepsi umum dan nggak selalu benar, banyak pemilik kucing putih yang setuju bahwa kucing mereka memang punya sifat yang sedikit berbeda.

Namun, Sobat Suka Fakta, penting untuk diingat bahwa setiap kucing punya kepribadian unik, terlepas dari warna bulunya. Jadi, meskipun banyak yang bilang kucing putih lebih pemalu, nggak ada jaminan kucing putihmu bakal seperti itu. Yang jelas, mereka pasti membawa kebahagiaan dengan keunikan dan pesona mereka sendiri.

9. Kucing Putih Sangat Populer dalam Dunia Fiksi

 Disney The Aristocats
Potret kucing dari film Disney The Aristocats. Sumber: Dok. pinterest.com

Siapa yang nggak kenal Duchess dan Marie dari film Disney The Aristocats? Dua kucing Angora Turki putih ini berkeliaran di sekitar Paris dan menjadi tokoh favorit banyak anak-anak. Ada juga Artemis dari Sailor Moon, si kucing putih dengan mata biru cerah yang membantu para pahlawan dalam petualangan mereka.

Selain tokoh yang manis dan baik hati, kucing putih juga sering muncul sebagai hewan peliharaan dari tokoh jahat. Misalnya, Mr. Bigglesworth dalam film Austin Powers dan kucing pangkuan Ernst Stavro Blofeld dalam seri James Bond. Kucing putih memang punya daya tarik yang bisa membuat mereka cocok jadi tokoh baik maupun jahat dalam cerita fiksi.

10. Membutuhkan Perawatan Khusus Jika Ingin Merawat Kucing Putih

Shampo kucing
Potret Shampo khusus kucing. Sumber: Dok. shopee.com/Olive Care

Punya kucing putih butuh perawatan ekstra, Sobat Suka Fakta. Bulu putih mereka bisa dengan mudah terlihat kotor, jadi perlu sering disikat dan dimandikan untuk menjaga penampilannya tetap bersih dan indah. Gunakan shampo khusus kucing putih yang bisa membantu menjaga warna bulu tetap cerah dan menghilangkan noda.

Selain itu, karena kulit mereka lebih sensitif, penting untuk selalu memeriksa apakah ada iritasi atau luka yang bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari atau faktor lainnya. Jangan lupa untuk menjaga kucing putihmu tetap sehat dengan memberikan makanan bergizi dan rutin memeriksakan kesehatannya ke dokter hewan.

11. Kemurnian Warna Bulu Kucing Putih Sangat Jarang Ditemukan 

Kucing Putih
Potret Hewan Kucing Putih. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahu nggak kalau kucing putih murni adalah salah satu warna bulu yang paling jarang ditemukan? Ini karena gen W yang menghasilkan bulu putih penuh sangat langka. Kebanyakan kucing putih sebenarnya punya bintik warna lain yang tersembunyi atau muncul saat mereka masih kecil.

Proses genetika yang rumit ini membuat kucing putih murni jadi sangat istimewa. Jadi, kalau kamu punya kucing dengan bulu putih murni, anggaplah dirimu sangat beruntung! Mereka benar-benar hasil dari kombinasi genetika yang spesial.

12. Kucing Putih Persia Adalah Ras Kucing Putih yang Banyak Dikenali 

Gambar Kucing
Potret Hewan Kucing putih. Sumber: IST

Kucing Persia putih mungkin adalah kucing putih yang paling populer dan paling banyak dikenali. Dengan bulu panjang dan halus serta mata besar yang ekspresif, mereka terlihat sangat elegan dan menggemaskan. Nggak heran kalau kucing Persia putih sering muncul di kalender bertema kucing dan label makanan hewan peliharaan.

Tapi, Sobat Suka Fakta, perawatan kucing Persia putih butuh dedikasi khusus. Bulu mereka yang panjang harus rutin disikat untuk menghindari kusut dan menjaga keindahannya. Meski butuh usaha ekstra, kucing Persia putih benar-benar sepadan dengan perawatannya karena mereka akan selalu terlihat seperti model kucing yang siap berpose kapan saja.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah 12 fakta kucing putih yang belum banyak orang tahu. Dari keunikan warna mata, genetika, ketulian, hingga mitos keberuntungan dan popularitas mereka, kucing putih memang punya banyak hal menarik yang bikin kita semakin kagum. Mereka bukan hanya cantik secara fisik, tapi juga punya karakteristik unik yang membuat mereka berbeda dari kucing lainnya, seperti kucing tiga warna hingga kucing donskoy.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu tentang kucing putih dan membuat kamu makin sayang sama peliharaanmu. Jangan lupa untuk berbagi cerita dan pengalaman tentang kucing putihmu di kolom komentar ya! Sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *