Misteri

Mitos Gunung Gede Pangrango: Menelusuri Jejak Mistis di Balik Pesona Edelweis-nya

112
×

Mitos Gunung Gede Pangrango: Menelusuri Jejak Mistis di Balik Pesona Edelweis-nya

Sebarkan artikel ini
Gunung Gede Pangrango
Misteri Gunung Gede Pangrango. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Sebagai warga negara Indonesia, kita pasti tau kalo tanah air kita ini punya banyak sekali gunung yang menyimpan sejuta cerita unik dan horor. Di antaranya ada Gunung Slamet, Gunung Salak, Gunung Lawu, Gunung Merbabu, dan gak ketinggalan juga mitos Gunung Gede Pangrango.

Sudah pernah dengar Gunung Gede Pangrango? Terletak di Jawa Barat, gunung ini bukan hanya tempat buat nikmatin pemandangan yang kece badai, tapi juga punya sederet cerita misteri yang bikin penasaran yang membuatnya menjadi salah satu gunung terangker di nIdonesia.

Buat kalian yang doyan trekking atau cuma suka chill menikmati keindahan alam, Gunung Gede Pangrango ini bisa jadi spot yang pas banget. Tapi, nih ya, selain keindahan alamnya yang bikin gak mau berkedip, Gunung Gede juga tersohor karena kisah-kisah mistis yang melegenda di setiap jalur dan sudut hutannya.

Mulai dari Alun-Alun Surya Kencana yang seru banget buat dijelajahi, sampai cerita-cerita misterius di jalur Cibodas, semua cerita ini ngajak kita lebih dekat lagi sama kebudayaan dan tradisi lokal yang kaya raya. 

Nah,  kita bakal mengulik enam mitos Gunung Gede Pangrango yang sudah lama jadi buah bibir di kalangan pendaki dan pecinta cerita seram. Yuk, kita mulai petualangan seru ini!

1. Keindahan dan Misteri Alun-Alun Surya Kencana

Alun-Alun Surya Kencana
Potret alun alun surya kencana. Sumber: instagram.com/anwar_lulu

Nah, Sobat Suka Fakta, kita mulai dari Alun-Alun Surya Kencana, sebuah lapangan savana luas yang dikelilingi pemandangan gunung epik, dan yang bikin spesial, tempat ini dipenuhi bunga Edelweis yang mekar sempurna. 

Eits, tapi, gak cuma keindahan alamnya yang menarik, Alun-Alun Surya Kencana juga punya cerita mistis yang melekat kuat. Tempat ini dianggap suci karena dipercaya sebagai tempat tinggal Pangeran Surya Kencana dan juga menjadi lokasi persembunyian Prabu Siliwangi saat adu kekuatan dengan kerajaan Islam. 

Kisah-kisah ini menjadikan Alun-Alun tidak hanya cantik di mata, tapi juga kaya dengan lapisan cerita spiritual dan mistis.

2. Kandang Batu, Pos Pendakian yang menjadi Sarang Kuntilanak

Kandang batu,
Potret Kandang batu, Sumber: kompasiana.com

Beranjak dari Alun-Alun, kita mampir ke Kandang Batu. Ini adalah salah satu pos pendakian di Gunung Gede Pangrango yang punya cerita mistis yang melegenda. Tempat yang sering dijadikan tempat peristirahatan ini sering dikaitkan dengan kuntilanak

Seorang pendaki pernah berbagi pengalaman mistis saat camping di sini. Diceritakan, temannya merasa disentuh dan diajak berbicara oleh sesuatu yang tak terlihat.

Suara itu terdengar mirip seperti suara temannya, padahal temannya itu tidak ada di belakangnya. Hiks, serem, ya?! Yakin masih berani menginap di sini?!

3. Kisah Pendaki Perempuan yang Dipeluk Sosok Raksasa Hitam

Genderuwo
Ilustrasi perempuan dipeluk sosok hitam. Sumber: IST

Setelah cukup merinding di Kandang Batu, kita naik level ke misteri berikutnya, yaitu tentang Sosok Raksasa Hitam. Cerita ini berasal dari pengalaman seorang pendaki wanita yang mendaki dalam cuaca hujan lebat. 

Saat itu dia merasa ada yang mengintip saat dia buang air kecil. Malamnya, dia bermimpi dipeluk oleh sosok raksasa hitam yang terus menghantuinya sepanjang perjalanan sampai turun gunung. Menyeramkan, bukan?!

Sekarang, Sobat Suka Fakta, setelah mengenal beberapa misteri yang ada, kita akan terus menjelajah lebih dalam lagi ke cerita-cerita misterius lainnya yang tak kalah seru dan bikin bulu kuduk berdiri. 

4. Misteri Sosok Aul, Makhluk Berkepala Dua yang Menyesatkan Pendaki

Sosok misteri Au
Ilustrasi sosok misteri Aul. Sumber: rakyatbengkulu.disway.id

Beralih dari sosok yang menyeramkan, kita jumpai cerita lain yang tidak kalah misteriusnya, yaitu tentang Entitas “Aul”. 

Sobat Suka Fakta, bayangkan bertemu dengan makhluk yang memiliki dua kepala, berjalan sempoyongan, dan sering menyamar sebagai warga setempat. 

Aul, sosok dengan dua kepala ini, terkenal karena sering menyesatkan para pendaki yang kurang waspada. Kisah-kisah tentang Aul ini bukan hanya menambah misteri, tetapi juga mengingatkan kita semua untuk selalu berhati-hati dan waspada saat menjelajah keindahan alam yang terkadang bisa menipu.

5. Kesaksian Mistis Pendaki di Jalur Cibodas: Mencari Teman yang Hilang

Pendaki
Ilustrasi dua orang sedang mendaki. Sumber: radarcianjur.com

Selanjutnya, kita akan mengeksplorasi Misteri Jalur Cibodas. Jalur ini dikenal sebagai salah satu favorit para pendaki karena keindahannya, tapi siapa sangka, jalur ini juga menyimpan cerita mistis yang membuat siapa saja berpikir dua kali. 

Salah satu cerita yang cukup dikenal adalah tentang seorang pendaki yang bertemu dengan wanita kecil berbaju putih di tengah hutan. Wanita kecil itu mengajaknya mencari teman yang hilang dan bahkan menawarkan kopi kepada pendaki tersebut. 

Ya, kisah-kisah seperti ini membuat misteri gunung gede pangrango semakin kental dengan nuansa misterius dan penuh teka-teki.

6. Simpang Maleber dan Telaga Warna

Simpang malebar.
Potret petunjuk arah Simpang malebar. Sumber: Tito’s Weblog

Sob, terakhir, mari kita kulik lebih dalam beberapa mitos dan misteri lain yang terkait dengan Gunung Gede Pangrango. 

Dari Simpang Maleber, di mana pendaki dianjurkan untuk tidak melewati jalur ini setelah maghrib karena cerita kejadian aneh, hingga Telaga Warna yang konon katanya, jika kamu melihat ikan meloncat di permukaan air, semua keinginanmu akan terkabul. 

Cerita-cerita ini bukan hanya menambah daftar panjang misteri di gunung ini, tapi juga membuat Gunung Gede Pangrango semakin terasa magis dan misterius. 

Di mana Lokasi Gunung Gede Pangrango?

Gunung Gede Pangrango terletak di Jawa Barat, Indonesia, dan berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Lokasi taman nasional ini mencakup wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi. Letaknya yang strategis membuatnya mudah diakses dari berbagai kota besar di sekitarnya, seperti Jakarta dan Bandung.

Berapa Jam Naik Gunung Gede Pangrango?

Waktu pendakian ke puncak Gunung Gede Pangrango bisa bervariasi tergantung jalur yang dipilih dan kecepatan pendakian. Umumnya, pendakian melalui jalur Cibodas atau Gunung Putri memakan waktu sekitar 6-8 jam untuk mencapai puncak Gunung Gede. Untuk mencapai puncak Gunung Pangrango, waktu pendakiannya bisa lebih lama, tergantung kondisi fisik dan kecepatan pendaki.

Apakah Gunung Gede dan Pangrango Masih Aktif?

Gunung Gede dan Gunung Pangrango adalah gunung berapi yang sudah tidak aktif. Meskipun keduanya adalah gunung berapi, mereka tidak menunjukkan aktivitas vulkanik yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Namun, tetap penting untuk memantau informasi terkini dari otoritas setempat sebelum melakukan pendakian.

Apa beda Gunung Gede dan Gunung Pangrango?

Gunung Gede dan Gunung Pangrango adalah dua puncak berbeda yang terletak di dalam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Gunung Gede memiliki ketinggian sekitar 2.958 meter di atas permukaan laut, sementara Gunung Pangrango lebih tinggi dengan ketinggian sekitar 3.019 meter di atas permukaan laut. Perbedaan utama lainnya adalah karakteristik jalur pendakian dan pemandangan yang bisa dilihat dari masing-masing puncak. Kedua gunung ini sering dijadikan tujuan pendakian dalam satu perjalanan karena lokasinya yang berdekatan.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, kita telah menjelajahi berbagai sudut misterius Gunung Gede Pangrango. Dari keangkeran Alun-Alun Surya Kencana yang sakral, hingga jalur-jalur pendakian yang menyimpan cerita-cerita mistis, semuanya telah kita ulas satu per satu. 

Tidak hanya sebagai destinasi pendakian yang menantang, Gunung Gede Pangrango juga menawarkan kisah-kisah yang menggugah imajinasi dan mungkin membuat beberapa dari kita merinding atau bahkan terinspirasi.

Kisah-kisah mistis yang kita dengar dan bagikan ini bukan hanya sekedar cerita untuk menakut-nakuti para pendaki yang datang, melainkan bagian dari warisan budaya dan kepercayaan lokal yang memberi dimensi lebih pada keindahan alam Indonesia. 

Jadi, Sobat Suka Fakta, apakah kamu siap untuk menemukan dan mengalami sendiri “misteri gunung gede pangrango”? Saat kamu memutuskan untuk mengunjungi dan menjelajahi Gunung Gede Pangrango, ingatlah untuk selalu bertindak dengan hati-hati dan menghormati semua cerita serta tradisi yang ada. 

REFERENSI:

  • Herzi Nata. Misteri Gunung Gede Pangrango. Radar Tegal. Diakses dari https://radartegal.disway.id/read/661437/seram-ini-6-misteri-gunung-gede-pangrango-yang-menakutkan-dan-mengusik-bulu-kuduk.
  • Anonim. Ini 6 Mitos dan Misteri Gunung Gede Pangrango yang Masih Banyak Dipercaya. Inilah.com. Diakses dari https://www.inilah.com/ini-6-mitos-dan-misteri-gunung-gede-pangrango-yang-masih-banyak-dipercaya.
  • Anonim. Misteri Gunung Gede Pangrango: Firasat dan Tersesat dalam 1 Tarikan Napas (Bagian 1). Mojok.co. Diakses dari https://mojok.co/maljum/misteri-gunung-gede-pangrango-firasat-dan-tersesat-dalam-1-tarikan-napas-bagian-1/.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *