Misteri

Mitos Suster Ngesot, Hantu Seragam Putih yang Berlumur Darah

116
×

Mitos Suster Ngesot, Hantu Seragam Putih yang Berlumur Darah

Sebarkan artikel ini
fakta & mitos suster ngesot.
fakta & mitos suster ngesot. Sumber: netflix.com

Halo Sobat Suka Fakta! Siapa di sini yang suka cerita horor? Pasti banyak, ya! Apalagi kalau ceritanya tentang hantu-hantu yang bisa bikin bulu kuduk berdiri. Di Indonesia, ada banyak banget cerita hantu yang terkenal, mulai dari pocong, kuntilanak, hingga wewe gombel

Nah, salah satu yang paling sering dibicarakan adalah cerita tentang Suster Ngesot. Cerita ini sudah melegenda dan sering jadi bahan obrolan dari generasi ke generasi.

Jadi, apa yang dimaksud dengan suster ngesot? Suster Ngesot dikenal sebagai hantu yang memakai baju suster dan bergerak dengan ngesot atau merayap. Walaupun kelihatannya seram, cerita tentang Suster Ngesot selalu menarik buat dibahas. Ada banyak versi cerita yang beredar di masyarakat, bikin kita penasaran apakah cerita ini benar-benar terjadi atau cuma sekadar mitos.

Nah, di artikel ini, kita akan mengupas tuntas berbagai mitos Suster Ngesot. Tujuannya, biar kamu lebih paham tentang asal usul dan cerita di balik hantu yang satu ini. Siap-siap, ya, Sobat, buat merasakan sensasi seram sekaligus penasaran. Yuk, kita mulai perjalanan kita menelusuri mitos Suster Ngesot!

Asal Usul Keberadaan Suster Ngesot

hantu suster ngesot.
Potret hantu suster ngesot. Sumber: urbanlejen.files.wordpress.com

Suster Ngesot adalah salah satu urban legend paling terkenal di Indonesia. Nama “Suster Ngesot” sendiri berasal dari penampilan dan cara bergeraknya yang unik dan mengerikan.

Bayangkan, seorang suster dengan seragam putih yang biasanya terlihat bersih dan rapi, tapi kali ini justru wajahnya pucat, matanya kosong, dan seragamnya berlumuran darah. 

Paling menyeramkannya adalah cara bergeraknya yang ngesot atau merayap di lantai, dengan menarik tubuhnya menggunakan tangan karena kakinya tidak bisa digunakan lagi. Nah, sekarang kita akan melihat beberapa versi cerita yang paling terkenal tentang asal usul Suster Ngesot.

Cerita dari Rumah Sakit Umum Cipto Mangunkusumo di Jakarta

Rumah sakit cipto mangunkusumu.
Potret Rumah sakit cipto mangunkusumo. Sumber: x.com

Salah satu cerita paling terkenal tentang Suster Ngesot berasal dari Rumah Sakit Umum Cipto Mangunkusumo di Jakarta. Di sini, diceritakan bahwa ada seorang suster yang meninggal secara tragis. Pada suatu malam, ketika rumah sakit sedang sepi, suster ini sedang menjalankan tugasnya. Ketika dia hendak menuju ruang laboratorium, dia dicegat oleh seorang dokter jaga.

Sang dokter kemudian memerkosa suster tersebut dan membunuhnya dengan sadis. Tidak cukup sampai disitu, sang dokter juga memutilasi kaki suster tersebut dan menguburkannya di ruang laboratorium. Sejak saat itu, banyak yang mengaku melihat hantu suster tersebut yang bergerak ngesot di sekitar rumah sakit. Seram banget, kan Sobat? Tapi, ini baru salah satu cerita!

Cerita dari Sebuah Panti Jompo di Jawa Barat

Potret Makhluk halus Suster ngesot. Sumber: Dok. indonesianfilmcenter.com

Versi lainnya datang dari Jawa Barat, Sob. Di sebuah panti jompo, ada seorang suster cantik keturunan Belanda bernama Norah. Norah memiliki ilmu gaib dan menggunakan kemampuannya untuk membunuh semua penghuni panti sebagai bentuk balas dendam pribadi. Ketika masyarakat mengetahui kejahatannya, mereka menghukum Norah dengan memukuli kakinya hingga hancur.

Akhirnya, Norah meninggal dan menjadi hantu yang bergerak dengan ngesot. Kisah ini juga dipercaya oleh banyak orang dan menambah seram cerita tentang Suster Ngesot. Bayangin deh, Sobat, betapa seramnya kalau kamu melihat sosok seperti ini di lorong panti jompo yang sepi dan gelap?!

Variasi Cerita Suster Ngesot di Berbagai Daerah

Suster ngesot.
Potret makhluk halus Suster ngesot. Sumber: Dok. instagram @Agungbakhri

Sobat Suka Fakta, cerita tentang Suster Ngesot ini sebenarnya sudah ada sejak lama dan berkembang di berbagai daerah di Indonesia. Walaupun tidak ada catatan sejarah yang jelas, cerita-cerita ini biasanya disampaikan dari mulut ke mulut dan dipercaya oleh banyak orang. 

Setiap daerah punya versinya sendiri-sendiri. Ada yang bilang dia adalah korban kekerasan yang mencari keadilan, ada juga yang bilang dia adalah suster yang memiliki ilmu hitam dan dihukum oleh masyarakat.

Yang menarik adalah bagaimana cerita ini bisa bertahan dan terus diceritakan dari generasi ke generasi. Meskipun ada banyak versi, semua cerita ini memiliki satu kesamaan, sosok suster yang bergerak ngesot dengan seragam putih berlumuran darah. Serem banget, ya, Sobat! Jadi, apakah ini cuma sekadar mitos atau ada fakta di balik cerita ini? Yuk, kita lanjut ke bagian berikutnya untuk membahas mitos-mitos tentang Suster Ngesot.

Mitos yang Beredar Tentang Suster Ngesot

Suster ngesot.
Potret makhluk halus Suster ngesot. Sumber: Dok. harianmerapi.com

Penampakan Suster Ngesot sering digambarkan sebagai suster dengan seragam putih berlumuran darah yang bergerak dengan ngesot atau merayap. Nah, apa sih yang membuat cerita ini begitu populer dan dipercayai banyak orang?

  • Meninggal secara tidak wajar: Suster Ngesot adalah arwah dari suster yang meninggal secara tidak wajar. Cerita-cerita tragis seperti pemerkosaan dan pembunuhan sering dikaitkan dengan asal usul Suster Ngesot. 
  • Penampakan suster ngesot di tempat angker : Penampakan Suster Ngesot ini juga sering dikaitkan dengan kejadian-kejadian aneh dan misterius di rumah sakit atau tempat-tempat angker lainnya. Semua elemen ini menambah keseraman dan membuat cerita ini terus hidup dalam masyarakat.

Digambarkan Sebagai Sosok Suster dengan Seragam Putih yang Berlumuran Darah

Potret hantu suster ngesot.
Potret hantu suster ngesot. Sumber: indonesianfilmcenter.com

Suster Ngesot digambarkan sebagai sosok suster dengan seragam putih yang biasanya terlihat rapi dan bersih, namun dalam cerita ini seragam tersebut berlumuran darah. Wajahnya pucat dengan mata yang kosong dan menakutkan, menambah aura seram yang membuat siapa saja yang melihatnya langsung merinding.

Cara bergeraknya yang ngesot atau merayap adalah salah satu ciri khas yang paling menonjol. Disebutkan bahwa kakinya tidak bisa digunakan lagi karena telah dimutilasi atau dihancurkan, sehingga ia harus menarik tubuhnya menggunakan tangan. 

Gerakan ngesot ini menambah elemen horor dan membuat penampakan Suster Ngesot menjadi semakin menyeramkan. Bayangkan melihat sosok seperti ini di lorong rumah sakit yang gelap dan sepi, pasti bikin bulu kuduk berdiri!

Dipercaya Dia adalah Arwah Suster yang Meninggal Secara Tragis

makhluk halus
Potret makhluk halus Suster ngesot. Sumber: Dok. kibrispdr.org

Sobat, pandangan masyarakat tentang Suster Ngesot sangat bervariasi. Banyak yang percaya bahwa Suster Ngesot adalah arwah dari suster yang meninggal secara tragis dan tidak wajar, seperti yang telah kita bahas sebelumnya. Cerita ini sering dikaitkan dengan pengalaman pribadi atau cerita yang didengar dari orang lain, menambah kepercayaan akan keberadaan Suster Ngesot.

Di sisi lain, ada juga masyarakat yang melihat cerita ini sebagai bentuk mitos atau legenda urban yang berkembang dari mulut ke mulut. Mereka melihat cerita ini sebagai bagian dari budaya lokal yang menarik dan penuh dengan misteri. Bagaimanapun, cerita ini tetap hidup dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, terutama ketika membahas cerita-cerita horor.

Pandangan Ahli dan Psikologi tentang Keberadaan Suster Ngesot

Roy Kiyoshi.
Potret Roy Kiyoshi. Sumber: Dok. grid.id

Selain pandangan masyarakat, cerita tentang Suster Ngesot juga menarik perhatian para ahli dari berbagai bidang. Yuk, kita lihat pendapat mereka satu per satu.

Roy Kiyoshi (Paranormal)

Menurut Roy Kiyoshi, cerita tentang Suster Ngesot berkaitan dengan energi negatif yang terkumpul di rumah sakit. Roy menjelaskan bahwa rumah sakit sering menjadi tempat berkumpulnya energi negatif karena banyaknya kejadian menyedihkan seperti kematian, kecelakaan, dan penyakit. 

Energi negatif ini bisa memicu penampakan hantu, termasuk Suster Ngesot. Roy juga menambahkan bahwa perasaan merinding atau mendengar suara-suara aneh di rumah sakit adalah tanda bahwa ada energi negatif di sekitar kita.

Sipin Putra (Antropolog)

Menurut Sipin Putra, kisah Suster Ngesot adalah salah satu bentuk mitos yang melegenda. Mitos ini berkembang dari mulut ke mulut dan sering mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. 

Setiap daerah punya versinya sendiri tentang Suster Ngesot, seperti di Jakarta dengan Suster Ngesot di Rumah Sakit Umum Cipto Mangunkusumo, atau di Semarang dengan Suster Nira. Sipin menjelaskan bahwa mitos seperti ini sering muncul di masyarakat yang percaya pada hal-hal supranatural dan klenik.

Ki Sabrang Alam (Supranatural Jawa)

Menurut Ki Sabrang Alam, cerita tentang Suster Ngesot hanyalah mitos belaka. Ki Sabrang mengatakan bahwa di daerahnya yang ada adalah ‘Setan Kesot’, yaitu nenek-nenek yang tertabrak kereta api dan jinnya berjalan dengan ngesot. Jadi, menurut Ki Sabrang, Suster Ngesot hanyalah cerita yang dibuat-buat dan tidak ada bukti nyata yang mendukung keberadaannya.

Patrick Kwanto (Pakar Teknologi)

Patrick Kwanto, seorang pakar teknologi, menjelaskan bahwa manusia dan makhluk gaib berada dalam dimensi yang berbeda. Patrick mengatakan bahwa penampakan makhluk gaib seperti Suster Ngesot bisa saja terjadi karena makhluk gaib menyerap energi, sedangkan manusia mengeluarkan energi. Ketika energi ini tertangkap oleh kamera, bisa saja terlihat sebagai ‘orb’ atau cahaya kecil yang dianggap sebagai penampakan hantu. Patrick menambahkan bahwa jika suatu saat penampakan makhluk gaib bisa dibuktikan secara ilmiah, hal ini akan menjadi pengetahuan baru di masa depan.

Erwin (Psikolog)

Menurut Erwin, seorang psikolog, penampakan Suster Ngesot bisa jadi adalah hasil halusinasi. Menurut Erwin, seseorang yang melihat sesuatu yang orang lain tidak bisa lihat, bisa jadi sedang mengalami halusinasi.

Hal ini sering terjadi pada orang yang baru bangun tidur atau sedang sakit, di mana kepekaan indra mereka meningkat. Namun, Erwin juga menambahkan bahwa indra keenam pada manusia bisa membuat mereka lebih peka terhadap hal-hal yang tidak bisa dilihat oleh indra biasa, seperti makhluk gaib. Jadi, penampakan Suster Ngesot bisa jadi adalah kombinasi antara halusinasi dan kepekaan indra seseorang terhadap energi atau fenomena supranatural.

Dengan berbagai pendapat dari ahli ini, kita bisa melihat bahwa cerita tentang Suster Ngesot bisa dijelaskan dari berbagai sudut pandang. Meskipun begitu, cerita ini tetap menarik dan misterius, menambah daya tariknya sebagai salah satu legenda urban yang populer di Indonesia.

Daftar Film yang Terinspirasi oleh Suster Ngesot

Suster Ngesot
Film tentang suster ngesot. Sumber: catchplay.com

Sobat Suka Fakta, kita lanjut ke bagian yang nggak kalah menarik, yaitu tentang bagaimana cerita Suster Ngesot diadaptasi ke dalam film. Ternyata, cerita ini nggak cuma bikin kita merinding lewat cerita lisan atau tulisan, tapi juga di layar lebar. Yuk, kita lihat beberapa film yang terinspirasi dari kisah Suster Ngesot.

  1. Suster Ngesot the Movie (2007): Diproduksi oleh MD Entertainment, film ini menjadi salah satu film horor yang cukup populer di masanya. Ceritanya mengangkat legenda Suster Ngesot dengan bumbu-bumbu horor yang bikin penonton ketakutan.
  2. Suster N (2007): Diproduksi oleh Virgo Putra Film, film ini juga mengambil inspirasi dari cerita Suster Ngesot dengan mencoba menghadirkan suasana seram dengan latar rumah sakit yang angker.
  3. Kutukan Suster Ngesot (2009): Disutradarai oleh David Purnomo, film ini menambah daftar panjang film horor Indonesia yang terinspirasi dari legenda urban Suster Ngesot. Ceritanya penuh dengan adegan-adegan yang menegangkan dan seram.

Sobat, cerita tentang Suster Ngesot ternyata memberikan pengaruh besar terhadap industri film horor di Indonesia. Banyak sutradara dan produser yang tertarik mengangkat cerita ini karena popularitasnya yang sudah melegenda di masyarakat. Dengan menambahkan elemen-elemen horor yang menegangkan, film-film ini berhasil menarik perhatian penonton dan meraih kesuksesan di box office.

Adaptasi cerita Suster Ngesot ke dalam film juga menunjukkan betapa kuatnya pengaruh cerita rakyat dan mitos dalam budaya populer. Selain menghibur, film-film ini juga membantu melestarikan cerita-cerita tradisional yang ada di masyarakat. Nah, sekarang kita sudah tahu, kan, betapa besarnya pengaruh cerita Suster Ngesot dalam dunia perfilman Indonesia?!

Suster Ngesot Meninggal Karena Apa?

Suster Ngesot
Ilustrasi wanita yang mendapatkan kekerasan. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, cerita tentang kematian Suster Ngesot memang beragam dan penuh misteri. Analisis dan teori yang berkembang menunjukkan bahwa Suster Ngesot adalah korban kekerasan dan ketidakadilan. Dalam cerita-cerita yang beredar, ia sering digambarkan sebagai suster yang mengalami nasib tragis, seperti diperkosa dan dibunuh oleh seorang dokter atau masyarakat setempat.

  • Korban Kekerasan: Banyak cerita menyebutkan bahwa Suster Ngesot adalah korban kekerasan yang kemudian menjadi arwah penasaran. Tindakan kejam yang dialaminya membuatnya kembali sebagai hantu untuk mencari keadilan atau membalas dendam.
  • Pengaruh Budaya dan Mitos: Cerita Suster Ngesot juga bisa dilihat sebagai bagian dari budaya dan mitos yang ada di masyarakat. Mitos-mitos ini berkembang dari mulut ke mulut dan sering kali mencerminkan kepercayaan dan ketakutan masyarakat terhadap hal-hal supranatural.

Cerita tentang Suster Ngesot tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga memiliki dampak sosial dan budaya yang signifikan. Di satu sisi, cerita ini membantu melestarikan budaya lisan dan mitos yang ada di masyarakat. Di sisi lain, cerita ini juga bisa menimbulkan ketakutan dan kepercayaan yang berlebihan terhadap hal-hal supranatural yang kadang kala bisa berdampak negatif terhadap kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan

Setelah kita mengupas tuntas tentang Suster Ngesot, kita bisa menarik beberapa kesimpulan menarik. Cerita Suster Ngesot memang sangat menarik dan penuh dengan misteri. Walaupun sebagian besar cerita ini adalah mitos, tapi nggak bisa dipungkiri kalau cerita ini sudah menjadi bagian dari budaya populer kita.

Suster Ngesot adalah salah satu legenda urban yang paling terkenal di Indonesia. Berbagai cerita dan versi tentang asal usul dan penampakannya menunjukkan betapa kayanya mitos ini dalam budaya kita. Cerita ini telah menjadi inspirasi bagi banyak karya seni, terutama film-film horor yang berhasil menarik perhatian penonton.

Meskipun cerita Suster Ngesot sebagian besar adalah mitos, penting bagi kita untuk selalu berpikir kritis dan tidak mudah percaya begitu saja pada hal-hal yang belum terbukti kebenarannya. Cerita ini mengingatkan kita untuk selalu melihat dari berbagai sudut pandang, baik dari sisi masyarakat maupun para ahli.

Jadi, apakah Suster Ngesot itu fakta atau mitos? Itu kembali lagi kepada kepercayaan masing-masing, Sob. Tapi yang jelas, cerita ini akan terus hidup dan menjadi bagian dari kisah horor yang selalu menarik untuk dibahas. Sampai jumpa di pembahasan seru lainnya, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI:

  • Suster ngesot. P2K Stikom. Diakses dari: https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Suster_ngesot
  • Wulandari, Rinta. (2015). Menelusuri Fakta Suster Ngesot dan Hubungan dengan Perawat. Kompasiana. Diakses dari: https://www.kompasiana.com/rintawulandarii/54f421db7455137c2b6c8774/menelusuri-fakta-suster-ngesot-dan-hubungan-dengan-perawat
  • Suster ngesot. Wikipedia. Diakses dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Suster_ngesot
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *