Fakta Dunia

6 Fakta Menarik Kota Sorong, Kota Penghasil Minyak Utama di Indonesia

53
×

6 Fakta Menarik Kota Sorong, Kota Penghasil Minyak Utama di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Kota Sorong
6 Fakta Menarik tentang Kota Sorong. Sumber: id.wikipedia.org

Hai, Sobat Suka Fakta! Udah pernah dengar tentang Kota Sorong belum? Mungkin kota ini belum terlalu terkenal di telinga banyak orang, terutama kalau dibandingin sama kota-kota besar lain di Indonesia. 

Tapi jangan salah, Kota Sorong yang ada di Papua Barat Daya ini punya banyak fakta menarik yang sayang banget buat dilewatkan. Gak cuma itu, Sorong juga merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia, Sob!

Sorong bukan cuma sekadar kota biasa, lho. Selain jadi pusat industri dan perdagangan yang penting, kota ini juga dikenal dengan julukan “Kota Minyak”. Penasaran kan, kenapa bisa dapat julukan itu?! 

Nah, di artikel ini, kita bakal kupas tuntas fakta menarik Kota Sorong! Jadi pastiin kamu baca sampai habis ya, Sobat Suka Fakta!

1. Dijuluki Sebagai Kota Minyak

Fakta Menarik Kota Sorong
Potret Nederlands Nieuw-Guinea Petroleum Maatschappij. Sumber: facebook.com

Sobat, tahu nggak sih, kalau Sorong punya julukan yang keren banget yaitu “Kota Minyak”? Julukan ini bukan asal-asalan, lho. Sorong dikenal sebagai salah satu kota penghasil minyak utama di Indonesia. 

Sejarahnya dimulai sejak tahun 1935 ketika perusahaan Belanda bernama Nederlands Nieuw-Guinea Petroleum Maatschappij (NNPGM) mulai melakukan pengeboran minyak bumi di kota ini. Aktivitas pengeboran ini membawa dampak besar bagi perkembangan ekonomi dan industri di Sorong.

Nggak hanya itu, kehadiran industri minyak ini juga membuka banyak lapangan pekerjaan dan menarik banyak pendatang untuk tinggal dan bekerja di Sorong. Industri minyak di Sorong memang menjadi tulang punggung ekonomi kota ini. 

Selain itu, adanya industri minyak juga membuat Sorong berkembang menjadi kota industri, perdagangan, dan jasa yang sangat strategis di wilayah Papua Barat Daya.

2. Memiliki Batas Wilayah dan Letak yang Strategis

Sorong
Potret Kota Sorong. Sumber: papuabarat.tribunnews.com

Sobat Suka Fakta, setelah tahu sejarah dan julukan keren Kota Sorong, yuk kita lihat lebih dekat soal letak geografisnya. Kota Sorong terletak di bawah garis Khatulistiwa, tepatnya antara 131º-51’BT dan 0º-54’LS. 

Kota ini punya luas wilayah mencapai 1.105 km². Letaknya yang strategis menjadikan Sorong sebagai pusat perekonomian yang penting di Papua Barat Daya. Nah, buat kamu yang suka dengan detail geografis, berikut adalah batas-batas wilayah Kota Sorong:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Distrik Makbon Kabupaten Sorong dan Selat Sagawin Kabupaten Raja Ampat.
  • Sebelah barat berbatasan dengan Selat Dampir Kabupaten Raja Ampat.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Distrik Makbon Kabupaten Sorong.
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Distrik Aimas dan Distrik Salawati Kabupaten Sorong.

Dengan lokasi strategis ini, nggak heran kalau Sorong menjadi titik vital untuk distribusi barang dan mobilitas masyarakat di Papua Barat Daya.

3. Suku Moi Adalah Penduduk Asli Kota Sorong

Suku Moi
Potret penduduk Kota Sorong, Suku Moi. Sumber: sorong.tribunnews.com

Sobat Suka Fakta, selain punya sejarah dan letak geografis yang menarik, Kota Sorong juga kaya akan kebudayaan. Penduduk asli kota ini adalah Suku Moi. 

Suku Moi nggak hanya mendiami Kota Sorong, tapi juga tersebar di Kabupaten Sorong Selatan dan Kepulauan Raja Ampat. Suku Moi punya beberapa sub etnis atau sub suku besar, di antaranya:

  • Moi Abun: Mendiami kabupaten pemekaran Tambrauw hingga distrik Moraid.
  • Moi Kelim: Mendiami distrik Moraid hingga wilayah kota Sorong.
  • Moi Segin: Tersebar di wilayah Seget dan Salawati.
  • Moi Maya: Mendiami Kepulauan Waigeo Kabupaten Raja Ampat.
  • Moi Klabara: Tersebar di wilayah distrik Beraur hingga perbatasan Kabupaten Sorong Selatan.

Kebudayaan Suku Moi juga sangat menarik, salah satunya adalah sistem konservasi tradisional yang disebut Yegek. Yegek adalah sebuah sistem larangan yang diajarkan langsung oleh para untalan dan tulkama (guru-guru adat). Para untalan dan tulkama ini mengajarkan pengetahuan tentang alam, hukum adat, dan tata pemerintahan adat kepada para uliwi (murid adat).

Salah satu kampung yang masih menerapkan konservasi tradisional Yegek adalah Kampung Malaumkarta di Distrik Makbon, Kabupaten Sorong. Di sini, sebagian besar penduduk bekerja sebagai peramu hasil hutan dan nelayan tradisional. Jadi, selain belajar tentang alam dan budaya, kamu juga bisa melihat langsung kehidupan sehari-hari suku Moi yang masih sangat dekat dengan alam.

4. Pelabuhan Sorong Adalah Infrastruktur yang Memiliki Peran Penting Dalam Ekspor Minyak Bumi

 Kota Sorong
Potret Pelabuhan Kota Sorong. Sumber: suarasurabaya.net

Sobat Suka Fakta, sekarang mari kita bahas soal infrastruktur dan transportasi di Kota Sorong. Kota ini punya infrastruktur yang cukup lengkap untuk mendukung mobilitas masyarakat dan distribusi komoditas. 

Salah satu infrastruktur penting di Sorong adalah Pelabuhan Sorong, atau yang juga dikenal sebagai Port of Sorong. Pelabuhan ini punya peran vital dalam aktivitas ekspor minyak bumi sejak zaman Belanda, dan hingga kini masih berfungsi sebagai pelabuhan utama yang melayani kapal penumpang, kapal peti kemas, dan kapal kargo.

Nggak hanya pelabuhan, Kota Sorong juga punya bandara yang penting, yaitu Bandar Udara Domine Eduard Osok. Bandara ini menjadi gerbang utama bagi siapa saja yang ingin datang ke Sorong, termasuk wisatawan yang ingin melanjutkan perjalanan ke Raja Ampat. 

Dengan adanya pelabuhan dan bandara ini, Sorong menjadi kota yang strategis dan mudah dijangkau dari berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

5. Sorong Menjadi Habitat Penyu Belimbing dan Ekosistem Laut

Penyu Belimbing
Potret Penyu belimbing. Sumber: infoduniaperikanan.wordpress.com

Sobat Suka Fakta, tahu nggak kalau garis pantai Sorong juga punya keunikan tersendiri? Sorong ternyata menjadi salah satu habitat penyu belimbing, lho! Penyu belimbing atau dalam bahasa latinnya Dermochelys coriacea, adalah jenis penyu terbesar di dunia. 

Bayangin aja, panjangnya bisa mencapai 1,5 hingga 2 meter dan beratnya bisa sampai 500-700 kilogram. Warna hitam keunguan dengan bercak putih membuat penyu ini terlihat unik dan gampang dikenali.

Pantai di Sorong menawarkan lanskap yang spektakuler dan menjadi tempat yang cocok bagi penyu belimbing untuk bertelur. Penyu ini biasanya memilih kawasan pantai tropis yang gelap, sunyi, landai, dan berpasir sebagai tempat mereka bertelur. 

Upaya konservasi penyu belimbing di Sorong sangat penting untuk menjaga populasi penyu ini yang makin berkurang karena berbagai ancaman seperti perburuan dan kerusakan habitat.

6. Memiliki Makanan Khas yang Unik

udang selingkuh
Potret Makanan khas udang selingkuh. Sumber: travel.tribunnews.com

Sobat Suka Fakta, kalau kamu suka makanan laut, Sorong pasti jadi surga buat kamu. Salah satu makanan unik dari Sorong adalah udang selingkuh. Udang ini punya nama yang unik karena memiliki tubuh udang tapi dengan capit besar seperti kepiting. Biasanya, udang selingkuh ini diolah dengan cara direbus, digoreng, atau dibakar, dan rasanya enak banget!

Selain udang selingkuh, ada juga papeda, makanan khas dari sagu yang biasanya disantap dengan gulai ikan tongkol sebagai lauk. Papeda ini punya tekstur lengket dan sering jadi makanan favorit di Sorong.

Namun, perlu kamu tahu juga, Sob, biaya hidup di Sorong terbilang cukup tinggi. Hal ini disebabkan oleh biaya distribusi barang yang mahal karena sebagian besar kebutuhan hidup masih harus didatangkan dari pulau lain, terutama dari Jawa. 

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, setelah menjelajahi berbagai sisi menarik dari Kota Sorong, kita jadi tahu betapa istimewanya kota ini. Dari sejarah panjang sebagai Kota Minyak, letak geografis yang strategis, hingga kekayaan budaya Suku Moi, Sorong menyimpan banyak cerita yang menarik untuk digali. 

Selain itu, dengan infrastruktur yang memadai dan keanekaragaman hayati yang luar biasa, seperti habitat penyu belimbing, Sorong menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Makanan khasnya juga nggak kalah menarik, mulai dari udang selingkuh hingga papeda, semua menambah keunikan dan kekayaan kuliner kota ini.

Melalui artikel ini, kami berharap kamu bisa lebih mengenal dan mengapresiasi Kota Sorong dengan segala keunikan dan fakta menariknya. Jadi, kalau ada kesempatan, jangan ragu untuk berkunjung dan merasakan langsung pesona Kota Sorong.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-temanmu supaya mereka juga bisa mengetahui Fakta Menarik Kota Sorong. Terima kasih sudah membaca sampai habis, dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

REFERENSI

  • Fakta Menarik Sorong Kota Minyak, Ibukota Provinsi Papua Barat Daya. (2023, November 17). Kids.Grid.id. Retrieved from https://kids.grid.id/read/473577370/fakta-menarik-sorong-kota-minyak-ibukota-provinsi-papua-barat-daya?page=all
  • 6 Fakta Seputar Sorong, Tak Sekadar Jadi Gerbang Menuju Raja Ampat. (2021, Maret 13). Liputan6.com. Retrieved from https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4505644/6-fakta-seputar-sorong-tak-sekadar-jadi-gerbang-menuju-raja-ampat
  • 6 Fakta Kota Sorong: Pintu Masuk Pulau Papua. (2023, Mei 10). Sorong.Tribunnews.com. Retrieved from https://sorong.tribunnews.com/2023/05/10/6-fakta-kota-sorong-pintu-masuk-pulau-papua
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *